What is

Barcode, QR Code & QRIS

Aplikasi mobile dan web saat ini banyak menggunakan Barcode, QR Code dan QRIS dan sudah menjadi kebutuhan penting didalam aplikasi mobile saat ini, terutama system ticketing online, pembayaran online dll.


Beberapa manfaat yang penting dengan implementasi Barcode, QR Code dan QRIS antara lain:

  • Proses input data lebih cepat.
  • Proses input data lebih tepat.
  • Proses input lebih akuratalam mencari data.
  • Mengurangi biaya.
  • Meningkatkan kinerja manajemen.
  • Kemampuan bersaing dengan kompetitor akan lebih terjaga.

Di dalam tulisan singkat ini akan dibahas mengenai apa itu Barcode, QR Code dan QRIS.

Semoga Bermanfaat.

Salam sukses

Definisi

  • Barcode

    Berdasarkan kamus komputer dan teknologi informasi, Barcode memiliki arti kode batang. Sejenis kode yang mewakili data atau informasi tertentu (biasanya jenis dan harga barang seperti makanan dan buku). … Kode ini dicetak di atas stiker atau di kotak bungkusan barang.

    Kode tersebut berbentuk batangan balok dan mempunyai warna hitam putih, yang tersusun atas kombinasi batang yang satu dan lainnya berlainan ukuran dan disusun sedemikian rupa. Adapun kode ini dicetak diatas bungkusan barang atau stiker.

Sumber : http://www.abarcodebusiness.com/index.cfm?id=48

Keterangan gambar barcode:

  1. Number System Character

    Angka ini merupakan sebuah bilangan barcode UPC yang mengkarakteristikkan jenis-jenis khusus pada barcode.

    Didalam barcode UPC,NSC ini biasanya terletak disebelah kiri barcode.Kode kode yang tertera adalah sebagai berikut:

    0-standard UPC number

    1-reserved

    2-random weight items like fruits,vegetables,and meats

    3-Pharmaceuticals.

    4-in-store code for retailers

    5-Coupons

    6-Standard UPC number

    7-Standard UPC number

    8-reserved9-reserved

  2. Guard Bars

    Ada tiga guard bars yang ditempatkan diawal, ditengah, dan akhir barcode. Guards bars bagian awal dan akhir diencode kan sebagai “bar-space-bar” 10atau”101″. Guard bar bagian tengah di-encode-kan sebagai “space-bar-space” atau”01010″.

  3. Manufacturer

    codeKode perusahaan ini ada lima digit bilangan yang secara khusus menentukan manufaktur suatu produk. Kode perusahaan/manufaktur ini dilindungi dan ditetapkan oleh Uniform Code Council.

  4. Product Code

    Kode Produk ini terdiri dari 5 digit bilangan yang ditetapkan oleh perusahaan/manufaktur untuk setiap produk yang dihasilkanya. Setiap produk yang berbeda dan setiap ukuran yang berbeda memiliki kode produk yang unik.

  5. Check Digit

    Disebut sebagai digit shelf check. Check digit ini terletak dibagian luar sebelah kanan barcode. Check digit ini merupakan suatu olds Programmer’s trick untuk memvalidasi digit digit lainya yang dibaca secara teliti. Selanjutnya, masing-masing batang pada barcode memiliki ketebalan yang berbeda. Ketebalan inilah yang akan diterjemahkan pada suatu nilai. Saat ini, ukuran titik sinar yang umum digunakan adalah 4 kali titik yang dihasilkan printer pada resolusi 300dpi.

    Contoh product Barcode:


  • QR Code

    QR(Quick Response) CODE adalah jenis matriks kode atau barcode dua dimensi. Barcode ini bukan saja satu sisi saja yang berisikan data, tetapi kedua sisinya berisi data. Oleh sebab itu QR CODE bisa mengandung informasi yang lebih banyak daripada barcode.

    Contohnya adalah QR Code dapat berisikan seperti URL sebuah website yang pada nantinya dapat dipasang di majalah iklan atau media lain. Maka ketika seorang pengguna smartphone yang memiliki kamera dan memiliki aplikasi pembaca, QR CODE bisa langsung men scan dan masuk ke website yang dimaksud tanpa harus mengetikkan alamat URL nya.

    Fungsi lain QR CODE adalah untuk menyimpan data teks tentang informasi produk atau hal lain, sms atau informasi kontak yang berisikan nama, nomor telepon dan alamat.  

    QR CODE dapat menampung data numerik 7.089, data alfa
    numerik 4.296, 2.953 data biner, 1.817 karakter kanji, yang didukung dengan kecepatan pengkodean dan ukuran cetak yang kecil.

    PDF 417

    Adalah barcode dua dimensi yang bisa menyimpan 2000 karakter di suatu ruang (space) yang berukuran 4 inchi persegi (in2).

    Contoh Product QR Code:


  • QRIS (QR Code Indonesia Standard)

    adalah standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

    Transaksi dilakukan secara pull payment, di mana merchant melalui acquirer menagihkan pembayaran ke akun nasabah.

Kapan QRIS diluncurkan?

Hadirnya QR Code Indonesia Standard ini merupakan bagian transformasi digital di Sistem Pembayaran Indonesia dalam membantu percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan digital. Sebagai informasi, BI telah melakukan soft launching QRIS pada 27 Mei 2019 lalu. Hari ini, QRIS secara resmi dapat digunakan secara nasional.

Contoh :

DANA telah menjadi perusahaan pertama yang mengimplementasikan QRIS 100 persen di semua merchant layanan dompet digital itu di seluruh Indonesia.

Sumber: