Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Network Security: NETWORK MONITORING & TOOLS

2 min read

IMPLEMENTASI

NETWORK MONITORING & TOOLS

Hi rekan mahasiswa

Pada pertemuan kali ini, akan dibahas mengenai apa dan bagaimana network monitoring bekerja, dan diberikan beberapa gambaran tools yang dapat di gunakan di dalam implementasi network monitoring.

Selamat belajar , mencoba dan salam Sukses

Definisi

  • Network Monitoring (Monitoring jaringan) adalah salah satu fungsi dari management yang berguna untuk menganalisa apakah jaringan masih cukup layak untuk digunakan atau perlu tambahan kapasitas.

Hasil monitoring juga dapat membantu jika admin ingin mendesain ulang jaringan yang telah ada. Banyak hal dalam jaringan yang bisa dimonitoring, salah satu diantaranya load traffic jaringan yang lewat pada sebuah router atau interface komputer.

Monitoring dapat dilakukan dengan standar SNMP, selain load traffic jaringan, kondisi jaringan pun harus dimonitoring, misalnya status up atau down dari sebuah peralatan jaringan.

Contoh sumber status Monitoring gunakan solarwind

Sebuah sistem monitoring melakukan proses pengumpulan data mengenai dirinya sendiri dan melakukan analisis terhadap data-data tersebut dengan tujuan untuk memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki.

Data yang dikumpulkan pada umumnya merupakan data yang real-time, baik data yang diperoleh dari sistem yang hard real-time maupun sistem yang soft real-time.

Sistem yang real-time merupakan sebuah sistem dimana waktu yang diperlukan oleh sebuah komputer didalam memberikan stimulus ke lingkungan eksternal adalah suatu hal yang vital. Waktu didalam pengertian tersebut berarti bahwa sistem yang real-time menjalankan suatu pekerjaan yang memiliki batas waktu (deadline). Di dalam batas waktu tersebut suatu pekerjaan mungkin dapat terselesaikan dengan benar atau dapat juga belum terselesaikan. Sistem yang real-time mengharuskan bahwa suatu pekerjaan harus terselesaikan dengan benar.

Secara garis besar tahapan dalam sebuah sistem monitoring terbagi ke dalam tiga proses besar, yaitu:

1. Proses di dalam pengumpulan data monitoring,

2. Proses di dalam analisis data monitoring,

3. Proses di dalam menampilkan data hasil monitoring.

Proses di dalam sistem monitoring

  • Sumber data dapat berupa network traffic, informasi mengenai hardware, dan lain sebagainya.
  • Proses dalam analisis data dapat berupa pemilihan data dari sejumlah data yang telah terkumpul atau bisa juga berupa manipulasi data sehingga diperoleh informasi yang diharapkan.
  • Untuk tahap menampilkan data, hasil monitoring menjadi informasi yang berguna di dalam pengambilan keputusan atau kebijakan terhadap sisetm yang sedang berjalan dapat berupa sebuah tabel, gambar, kurva, atau animasi.
  • Aksi yang terjadi diantara proses-proses yang ada di dalam sebuah sistem monitoring adalah berbentuk service, yaitu suatu proses yang terus-menerus berjalan pada interval waktu tertentu.
  • Proses yang dijalankan dapat berupa pengumpulan data dari objek yang di-monitor atau melakukan analisis data yang telah diperoleh dan menampilkannya. Proses yang terjadi tersebut bisa saja memiliki interval waktu yang berbeda. Contoh interval. Waktu didalam pengumpulan data dapat terjadi tiap lima menit sekali. Namun pada proses analisis data terjadi tiap satu jam sekali atau lebih, untuk menghasilkan informasi yang diharapkan membutuhkan lebih dari satu sampel data.

Beberapa tools yang dapat digunakan :

1.Solarwinds

Monitoring tools ini mudah untuk di impelementasikan dan sangat mendukung untuk memonitoring dan reporting dari kondisi LAN & WAN yang ada.

Network Performance monitor (NPM), bertindak sebagai satu panel untuk memberikan kemampuan pemantauan jaringan yang lengkap dan komprehensif yang melengkapi beberapa tools penting yang mungkin sudah Anda gunakan.

2. Nagios

Nagios® adalah salah satu alat Monitoring jaringan gratis yang paling populer dan banyak digunakan. Admin jaringan seperti Nagios dapat diandalkan karena dapat mengakomondasi segalanya. Apa pun tidak dimilki , dapat dibangun, atau telah dibangun oleh komunitas Nagios.

3. Cacti

Cacti® adalah alat pemantau jaringan yang memungkinkan Anda mengumpulkan data dari hampir semua elemen jaringan, termasuk sistem routing dan switching, firewall, load Balancer, dan servers, dan memasukkan data tersebut ke dalam grafik yang kuat. Jika Anda memiliki perangkat, ada kemungkinan bahwa Cacti komunitas pengembang telah membuat template pemantauan untuk hal tersebut.

4.Wireshark®

Wireshark® adalah Penganalisis paket bersumber terbuka yang menggunakan libpcap (* nix) atau WinPcap (Windows®) untuk menangkap paket dan menampilkannya di Front end grafisnya, sementara juga menyediakan kemampuan penyaringan, pengelompokan, dan analisis yang baik. Ini memungkinkan pengguna menangkap lalu lintas pada kecepatan tinggi, atau membaca dari paket dump dan menganalisa rincian pada tingkat mikroskopis. Wireshark mendukung hampir setiap protokol, dan memiliki fungsi yang menyaring berdasarkan jenis paket, sumber, tujuan, dll. Ini memiliki kemampuan untuk menganalisis panggilan VoIP, plot IO grafik untuk semua lalu lintas dari antarmuka, mendekripsi banyak protokol, ekspor output, dan banyak lagi.

5.Zabbix®

Datang dengan GUI yang sederhana dan bersih yang membuatnya mudah untuk mengelola, setelah Anda mendapatkan menguasainya. Zabbix mendukung pemantauan agen menggunakan teknologi seperti SNMP, ICMP, Telnet, SSH, dll, dan pemantauan berbasis agen untuk semua Linux® distro, Windows® OS, dan Solaris®. Mendukung sejumlah database, termasuk MySQL®, PostgreSQL™, SQLite, Oracle®, dan IBM® DB2®. Kemampuan pemantauan VMware® zabbix memungkinkan Anda untuk menyesuaikan menggunakan skrip atau bahasa pemrograman, yang secara luas dianggap sebagai fitur terbaiknya.

Semoga bermanfaat

Salam Sukses

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Sistem Informasi Management-Dukungan SIM terhadap kualitas produk dan jasa

TOPIK PERKULIAHAN: Dukungan SIM terhadap kualitas produk dan jasa Definisi: Pengertian Kualitas Produk  Kualitas produk adalah kondisi fisik, fungsi dan sifat suatu produk baik...
Avatar Cerita Hosting
7 min read

PENGANTAR ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

  KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)   Definisi: Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di...
Avatar Cerita Hosting
3 min read

PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI DI DALAM PERUSAHAAN

MATERI PERKULIAHAN PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI DI DALAM PERUSAHAAN Sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah: Sistem perencanaan bagian dari...
Avatar Cerita Hosting
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *