Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Internet of Behavior (IOB)

2 min read

 

 

Internet of Behavior (IOB)

Menurut laporan dari https://www.informationweek.com ada sekitar 10 trend IT yang perlu dilihat di 2021:

  1. Digital Transformation
  2. Intelligence Everywhere
  3. The Rising Edge
  4. An Expanded Role for CIOs
  5. A New Kind of Workforce
  6. Increased Cyberattacks
  7. Renewed Focus on Compliance and Privacy
  8. Internet of Behaviors (IOB)
  9. Hyper automation
  10. Rising Technical Debt

Pada tulisan ini akan di uraikan secara singkat mengenai Internet of Behavior (IOB).

Definisi

Internet of Behavior merupakan perluasan dari Internet of Things (IoT), interkoneksi perangkat yang menghasilkan berbagai macam sumber data baru. IoT adalah jaringan objek fisik yang saling berhubungan yang mengumpulkan dan bertukar informasi dan data melalui internet.

 

 


 

Dalam prediksi pada tahun 2020, Gartner mengumumkan bahwa Perilaku Internet of Behaviors (IoB) akan segera menyebar. Pada tahun 2023, mereka memperkirakan bahwa aktivitas individu dari 40% populasi global akan dilacak secara digital untuk mempengaruhi perilaku kita. Itu lebih dari 3 miliar orang.

 

Internet Of Behavior(IOB) terdiri atas 3 kombinasi bidang:

  1. Teknologi (technology)
  2. Data Analytics
  3. Behavioral Science (Ilmu Perilaku)

Tujuan IoB

Tujuan IoB adalah untuk menangkap, menganalisis, memahami, dan menanggapi semua jenis perilaku manusia dengan cara yang memungkinkan pelacakan dan interpretasi perilaku orang-orang tersebut menggunakan inovasi dan perkembangan teknologi yang muncul dalam algoritme pembelajaran mesin. Perilaku orang-orang dipantau dan insentif atau disinsentif diterapkan untuk mempengaruhi mereka agar bekerja menuju serangkaian parameter operasional yang diinginkan. Apa yang benar-benar relevan tentang IoB adalah bahwa ia tidak hanya deskriptif (menganalisis perilaku), tetapi proaktif (mendeteksi variabel psikologis mana yang mempengaruhi untuk menghasilkan hasil tertentu).

Perusahaan semakin banyak menggunakan informasi semacam itu untuk menginformasikan bagaimana mereka menjual, tetapi tidak semuanya iklan bertarget (Giri, A. et al., 2019). Data yang diperoleh dari IoT dapat digunakan untuk alasan lain:

  • Organisasi dapat menguji keefektifan kampanye mereka, baik komersial maupun nonprofit.
  • Penyedia kesehatan dapat mengukur upaya aktivasi dan keterlibatan pasien.
  • Pembuat kebijakan bahkan dapat mempersonalisasi konten, memengaruhi undang-undang dan program saat ini.

Diperlukan alat yang solid seperti platform dukungan multi-format (XML, JSON, PHP, CVS, HTML, dll.), yang dapat terhubung ke API apa pun, yang dapat mengunggah data ke cloud, yaitu fitur dasar platform seperti seperti Google atau Facebook. Platform harus memungkinkan personalisasi multi-saluran, pembaruan terpusat yang direplikasi, mengirimkan pemberitahuan unik yang mengubah pengguna menjadi kontributor untuk personalisasi aplikasi, memungkinkan integrasi media sosial dan memelihara antarmuka interaktif.

 

Data yang diambil melalui aplikasi yang berfungsi untuk memodelkan perilaku pengguna. Dan pada gilirannya, ini adalah data yang dapat ditindaklanjuti yang dapat dikirim dalam bentuk pop-up dan pemberitahuan kepada pelanggan untuk mendorong dan memberi insentif kepada mereka untuk mematuhi perilaku yang diinginkan. Analisis diperlukan agar informasi penting dapat diambil dari semua data.

 

 

Manfaat spesifik dari IoB adalah:

  • Analisis kebiasaan membeli pelanggan di semua platform.
  • Pelajari data yang sebelumnya tidak dapat dicapai tentang cara pengguna berinteraksi dengan perangkat dan produk.
  • Dapatkan informasi yang lebih rinci tentang di mana pelanggan berada dalam proses pembelian.
  • Berikan pemberitahuan dan penargetan POS waktu nyata.
  • Selesaikan masalah dengan cepat untuk menutup penjualan dan membuat pelanggan senang.

 

 

INTERNET OF BEHAVIORS:

  • Kerahasiaan Data Pelanggan

Selain menjadi senjata yang ampuh untuk pelaku bisnis, teknologi IoB akan menambah pekerjaan pemerintah dalam mengatur kerahasiaan data pelanggan.

Terutama bagaimana data pelanggan tersebut dikumpulkan dan diolah dalam jumlah yang besar serta terbebas dari para peretas (cybercriminals).

Perusahaan-perusahaan saat ini dapat membuat profile dengan informasi lengkap melalui media-media sebagai berikut :

• Smartphone
• Laptop
• In-home voice assistant
• Perangkat elektronik rumah / Kamera mobil

 

Gagasan IoB ini juga bisa digunakan pada masing-masing individu, seperti jam tangan pintar yang bisa melakukan panggilan seluler, mengetahui lokasi kita, dan bahkan bisa mengukur denyut nadi. Teknologi ini bahkan dapat mengontrol emosional dan memperingatkan pemiliknya untuk menghindari aktivitas yang dapat merugikan. Konsep IoB ini juga bisa dimanfaatkan selama pandemic Covid-19, yaitu melalui teknologi pendeteksi seseorang mengenakan masker atau tidak, hingga mengukur suhu tubuh.

 

Masalah yang dapat terjadi dengan teknologi ini tidak bersifat teknis. IoB dihadapkan pada kesulitan bagaimana data dikumpulkan, disimpan, dan digunakan. Tingkat aksesnya sulit dikendalikan dan oleh karena itu semua perusahaan perlu menyadari kewajiban penggunaan IoB.

 

 

 Sumber:

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

MDLC(Multimedia Development Life Cycle):Metode Pemilihan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi

  MDLC(Multimedia Development Life Cycle): (Metode Pemilihan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi)   Pengantar Bagi Konsultan IT, Praktisi IT, Team Development Aplikasi, tidak mudah untuk...
Avatar Cerita Hosting
1 min read

BAGAIMANA MENENTUKAN VARIABLE PADA TABLE DATABASE

  PERANCANGAN BASIS DATA BAGAIMANA MENENTUKAN VARIABLE PADA TABLE DATABASE   Pada saat design table pada saat perancangan basis data, kita akan di hadapkan...
Avatar Cerita Hosting
1 min read

NDLC (Network Development Life Cycle)

Apa itu NDLC (Network Development Life Cycle)??     Untuk metodologi yang dapat digunakan oleh rekan di IT Infrastructure, terkait dengan jaringan (Network) perusahaan...
Avatar Cerita Hosting
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *