Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

REKAYASA PERANGKAT LUNAK(SOFTWARE ENGINEERING)- APA DAN BAGAIMANA??

1 min read

REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) / SOFTWARE ENGINEERING

( Apa dan Bagaimana )

Rekayasa Perangkat Lunak(RPL) saat ini masih merupakan suatu ilmu tersendiri yang masih dipelajari saat mengikuti perkuliahan di Ilmu Komputer(Computer Science) , Sistem Informasi(Informatics). Rekayasa Perangkat Lunak sangat menarik dipelajari dan dikembangkan di era digital transformasi ini. Rekayasa Perangkat lunak lebih dikenal dengan sebutan software Engineering.

Rekayasa perangkat lunak(Sofware Engineering) merupakan cabang ilmu yang memfokuskan dirinya pada konsep pengembangan dan juga pembuatan sebuah perangkat lunak pada komputer. Dengan adanya cabang ilmu ini, maka siapapun yang mempelajarinya akan memahami mengenai konsep pengembangan dan juga pembuatan sebuah perangkat lunak atau software.

Definisi menurut beberapa ahli

1. Menurut Pressman

Menurut pendapat dari Pressman, Rekayasa perangkat lunak adalah pembuatan dan penggunaan prinsip-prinsip keahlian teknik untuk mendapatkan perangkat lunak yang ekonomis yang handal dan bekerja secara efisien pada mesin yang sesungguhnya.


2. Menurut Wikipedia

Menurut pendapat dari Wikipedia, Rekayasa perangkat lunak adalah penerapan pendekatan yang sistematis, disiplin, terkuantifikasi untuk pengembangan, pengoperasian, dan pemeliharaan perangkat lunak.


3. Menurut IEEE 610.12

Menurut pendapat dari IEEE 610.12, Rekayasa perangkat lunak adalah suatu aplikasi rekayasa yang berkaitan dengan perangkat lunak.


4. Menurut Fritz Bauer

Menurut pendapat dari Fritz Bauer, Rekayasa perangkat lunak adalah suatu penetapan dan penggunaan prinsip rekayasa dalam rangka memperoleh perangkat lunak yang dapat dipercaya dan dapat bekerja secara efisien pada mesin nyata.


5. Menurut Stephen R.Schach

Menurut pendapat dari Stephen R.Schach, Rekayasa perangkat lunak adalah suatu disiplin dimana dalam memperoleh perangkat lunak bebas dari kesalahan dan dalam pengiriman anggaran tepat waktu serta memuaskan keinginan pemakai.

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak

Berikut ini terdapat beberapa tujuan rekayasa perangkat lunak, yakni sebagai berikut:

  1. Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
  2. Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, handal dan tepat waktu.
  3. Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform.
  4. Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah.

Kriteria Rekayasa Perangkat Lunak

Berikut ini terdapat beberapa kriteria rekayasa perangkat lunak, yakni sebagai berikut:

  • Dapat terus dirawat dan dipelihara (maintainability).
  • Dapat mengikuti perkembangan teknologi (dependability).
  • Dapat mengikuti keinginan pengguna (robust)..
  • Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya.
  • Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability).

Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak

Berikut ini terdapat beberapa ruang lingkup rekayasa perangkat lunak, yakni sebagai berikut:

  1. Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
  2. Software desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
  3. Software construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk. algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan.
  4. Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
  5. Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
  6. Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
  7. Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
  8. Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.

Apa yang dipelajari di Rekayasa Perangkat Lunak(RPL)?

1. Coding
2. Desain
3. Algoritma

1. Coding

– Pemograman Bahasa Pascal
– Pemograman Bahasa C
– Pemograman Bahasa C++
– Pemograman Bahasa Java
– Pemograman Bahasa Python (*)
– Pemograman Bahasa Delphi (*)
– Pemograman PHP & Mysql
– Pemograman JavaScript
– Pemograman AJAX (*)
– Pemograman Web Server
– Pemograman HTML
– Pemograman CSS
– Others

2. Desain

– Photoshop
– Corel Draw
– Video Editing
– Web Design
– Others

3. Algoritma

– Algoritma Dasar
– Algoritma tingkat Lanjut
– Gerbang Logika
– Basis Data
– DFD (Data Flow Diagram)
– Others

Semoga bermanfaat

Salam Sukses

Sumber:

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

IT Business Trend 2021

  Melihat IT Trend 2020 , dimana wabah Covid-19 telah meruntuhkan perekonomian hampir seluruh negara di dunia, di 2021 perusahaan perusahaan banyak merubah bisnis...
Avatar Cerita Hosting
38 sec read

Metode Pemilihan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi

Memilih Metode Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi ( Extreme Programming-XP) Pengantar Bagi Konsultan IT, Praktisi IT, Team Development Aplikasi, tidak mudah untuk memilih atau memutuskan...
Avatar Cerita Hosting
1 min read

The three dimensions of trust pada Pembangunan Sistem Informasi

The three dimensions of trust pada Pembangunan Sistem Informasi Pada saat kita akan membangun Aplikasi perusahaan, sering kita dihadapkan dengan pertanyaan mendasar, apakah aplikasi...
Avatar Cerita Hosting
54 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *