Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Metode Pemilihan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi

1 min read

Memilih Metode Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi

( Extreme Programming-XP)

Pengantar

Bagi Konsultan IT, Praktisi IT, Team Development Aplikasi, tidak mudah untuk memilih atau memutuskan metodologi apa yang akan digunakan di dalam pembangunan/pemgembangan aplikasi system informasi di sebuah perusahaan atau software yang akan di implementasikan.

Dalam pembuatan aplikasi system informasi, ada beberapa metodologi yang saat ini ada dunia, seperti:

  • Waterfall
  • SDLC
  • Rapid Application Development(RAD)
  • Prototype
  • Dynamic system Development Model
  • Spiral model
  • Agile Software Development
  • Feature-Driven Development(FDD)
  • Joint Application Development(JAD)
  • Lean Development
  • Rational Unified Process (RUP)
  • Scrum Development

    Yang perlu dipertimbangkan didalam pemilihan metodologi tersebut antara lain:

    • Jumlah SDM IT atau perusahaan yang ada
    • Kemampuan Team yang ada
    • Metode yang cocok dengan pola kerja team
    • Membandingkan model mana yang cocok di dalam pembangunan atau pengembangan project Aplikasi yang akan dikerjakan.

Pada tulisan ini, akan dibahas mengenai keuntungan dan kerugian dari metode Extreme Programming


Agile Methodologies

Extreme Programming (berikutnya akan disingkat sebagai XP) adalah sebuah pendekatan atau model pengembangan perangkat lunak yang mencoba menyederhanakan berbagai tahapan dalam proses pengembangan tersebut sehingga menjadi lebih adaptif dan fleksibel. XP bukan hanya berfokus pada coding tetapi meliputi seluruh area pengembangan perangkat lunak. XP mengambil pendekatan ‘ekstrim’ dalam iterative development.

XP Pertama kali diusulkan oleh Kent Beck dan Ward Cunningham pada bulan Maret 1996, asal mula XP digunakan karena pada saat itu permintaan dari customer yang sering berubah dengan cepat sehingga mengakibatkan putaran kehidupan metode pengembangan perangkat lunak tradisional menjadi lebih pendek dan tidak selaras dengan metode tradisional karena pada umumnya memerlukan desain yang luas dan itu mengakibatkan perubahan desain yang terjadi dan tentu saja memerlukan biaya yang lebih tinggi. Tujuan XP adalah meminimalisir biaya yang diperlukan jika ada perubahan dalam pengembangan perangkat lunak.


Model ini cenderung menggunakan pendekatan Object-Oriented.

Tahapan-tahapan yang harus dilalui antara lain:

  • Planning,
  • Design,
  • Coding, dan
  • Testing.

Sasaran Extreme Programming adalah tim yang dibentuk berukuran antara kecil sampai medium saja, tidak perlu menggunakan sebuah tim yang besar. Hal ini dimaksudkan untuk menghadapi requirements yang tidak jelas maupun terjadinya perubahan-perubahan requirements yang sangat cepat.

Extreme Programming merupakan agile methods yang paling banyak digunakan dan menjadi sebuah pendekatan yang sangat terkenal.

Metode Extreme Programming

Metode Extreme Programming (XP Methodology) digunakan oleh tim development untuk membuat software dalam environment yang tidak stabil seperti ketika requirement yang ada sangat cepat berubah. Metode ini memiliki release berkala dalam waktu development yang singkat.

a.       Keunggulan

– Pelibatan client dalam proyek meningkatkan transparansi dan hubungan antara vendor dan klien.

– Frequent checkpoints dalam metode ini akan membantu developer membuat perencanaan dan jadwal

– Feedback yang banyak akan membantu meminimalisir risiko dan meningkatkan improvement.

b.      Kelemahan

– Model ini membutuhkan meeting berkala dimana bisa jadi mahal untuk kedua belah pihak

– Perubahan yang terlalu sering bisa mengganggu developer dan cukup tricky untuk mengkalkulasi waktu dan estimasi harga

– Biaya untuk merubah requirement di kemudian hari dalam proyek cukup mahal

Dari sumber:


Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

IT Business Trend 2021

  Melihat IT Trend 2020 , dimana wabah Covid-19 telah meruntuhkan perekonomian hampir seluruh negara di dunia, di 2021 perusahaan perusahaan banyak merubah bisnis...
Avatar Cerita Hosting
38 sec read

REKAYASA PERANGKAT LUNAK(SOFTWARE ENGINEERING)- APA DAN BAGAIMANA??

REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) / SOFTWARE ENGINEERING ( Apa dan Bagaimana ) Rekayasa Perangkat Lunak(RPL) saat ini masih merupakan suatu ilmu tersendiri yang masih...
Avatar Cerita Hosting
1 min read

The three dimensions of trust pada Pembangunan Sistem Informasi

The three dimensions of trust pada Pembangunan Sistem Informasi Pada saat kita akan membangun Aplikasi perusahaan, sering kita dihadapkan dengan pertanyaan mendasar, apakah aplikasi...
Avatar Cerita Hosting
54 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *