Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Apa itu aaPanel?

1 min read

GUI Login aaPanel

aaPanel adalah suatu kontrol panel layanan web hos yang berbasis Linux yang memberikan tampilan grafis (GUI). aaPanel ini merupakan panel yang sering diupdate, dan yang terpenting panel ini merupakan panel yang effisien, ringan, dan gratis.

System Requirement

aaPanel ini mengklaim bahwa panelnya sangat ringan bahkan waktu yang dihabiskan untuk menginstal panel ini hanya membutuhkan waktu 2 menit untuk menginstal! (Data ini belum tentu akurat, kembali lagi kepada spek dan kecepatan internetnya).

Ini menandakan bahwa panel ini sangat ringan, pada situs aaPanel dapat dilihat bahwa spek minimalnya ialah : RAM 512MB, Space hard disk diatas 100MB dan system CentOS 7.1+. Inilah yang membuat saya berfikir untuk mencoba panel ini, mungkin bisa menjadi alternatif cPanel?

Desain Panel

Menurut saya pribadi, GUI dari login panel aaPanel ini sudah cukup baik walau tidak terlalu responsif menurut saya. Ya, mungkin saja untuk memangkas size dari Panel ini sendiri.

Saat login, disambut dengan GUI Software Package yang dapat kita pilih. Menurutku pribadi, ini menjadi nilai unggul dari aaPanel ini sendiri. Kita tak perlu ribet lagi untuk melakukan setting software website.

Tampilan dari Message Boxnya aaPanel ini sudah cukup baik menurut saya, memberi tampilan yang sederhana namun cukup. Disini kita dapat melihat status dari penginstallan dan lain – lain.

Fitur System Monitor yang memunculkan statistik penggunaan server ini lumayan berguna guna mengetahui load dan lain – lainnya. Menurut saya, ini sudah lumayan advance dan sangat baik mengingat panel ini gratis.

Fitur file manager yang keren!

aaPanel ini memiliki File Manager yang sangat baik, bahkan ini sudah sangat cukup. GUI dari File Manager ini memberi kesan modern nan simpel. Dan kita juga dapat menyetting permission dari file tersebut, tanpa repot – repot menggunakan chmod.

Saya lumayan tertarik dengan desain pada interface yang diberikan, walau mungkin tidak terlalu friendly bagi banyak orang. Overall ini sudah sangat baik!

Text editor dari panel aaPanel ini juga sudah sangat baik, bahkan memberi kesan responsive dan menarik. Ini menjadi nilai lebih dari Panel web aaPanel ini sendiri.

Bisa share file pake QR!

Ini merupakan keunggulan dari Panel web host aaPanel, jika kalian menggunakan aaPanel maka kalian dapat berbagi file melalui QR!. Fitur ini mungkin lumayan jarang kita temui (jika nemu panel yang ada fitur serupa, jangan lupa taro di komen ya!).

Cara menginstal aaPanel di linux

Caranya dapat dilihat disini : [KLIK DISINI]

Menginstal aaPanel di Ram 512MB : [KLIK DISINI]

(Terima kasih kepada admin blog Indonesiaweb.net sudah membantu dalam pembuatan post ini).

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *