Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

aaPanel di VPS Ram 512MB?

2 min read

VPS Panel Ram 512MB

Halo, kali ini saya akan mencoba untuk menginstal aaPanel di VPS Ram 512MB. Pada website forum aaPanel, dikatakan bahwa kita dapat menginstal panel ini di VPS. Walau terkesan memaksa, namun mari kita coba.

Spesifikasi VPS yang saya pakai :

  • 1vCPU Intel Xeon E5-2673 v4 @ 2.30 GHz
  • 512 MB Ram
  • 30 + 3.9 GB Disk Space
  • CentOS 8.2.2004
  • Southeast Asia Server

Untuk VPSnya ini saya menggunakan layanan dari Microsoft Azure. Oke, langsung saja kita mulai uji coba ini.

Step – 1 : Menambah Memori SWAP

Karena keterbatasan ram, maka saya memutuskan untuk menambah memori SWAP.

sudo fallocate -l 2048M /swapfile

Step – 2 : Instal Panel aaPanel

Setelah saya menambah memori SWAP, ini waktunya untuk menginstal Panel aaPanel. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menginstalnya kamu dapat membaca artikel yang ini [Command Instalasi aaPanel]

Oke, karena saya menggunakan CentOS 8.2.2004 maka saya harus menjalankan command dibawah ini.

Centos 8 : curl -sSO http://www.aapanel.com/script/new_install_en.sh && bash new_install_en.sh

Step 3 – Login ke Panel

Setelah melakukan instalasi panel aaPanel ini, langkah selanjutnya ialah login ke panelnya.

Hal pertama yang saya dapati setelah melakukan instalasi aaPanel ini adalah loadnya yang sangat tinggi. Ini membuat saya sedikit terkejut, dan sedikit membuat saya ragu. Namun, akhirnya saya memutuskan untuk tetap melanjutkan experiment ini.

Pada awalnya, saya menggunakan Nginx namun pada akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan OpenLiteSpeed. Kenapa OpenLiteSpeed? karena saat saya menggunakan Nginx saya merasa performanya kurang maksimal.

Step – 4 : Instal Software One Click Deployment

Saya juga menginstal software One Click Deployment yang ada di laman App Store. Awalnya saya memiliki ekspektasi bahwa software ini seperti Softaculous, namun ternyata hanya sedikit aplikasi yang ready to install.

Akhirnya saya memutuskan untuk menginstal WordPress, dan pada akhirnya selesai. Setelah menginstal, anda akan diberi database information jadi tidak otomatis seperti Softaculous.

Awalnya, saya mencoba untuk melakukan instalasi WordPress pada IP. Namun, banyak kendala yang terjadi seperti gagalnya proses instalasi plugin WordPress sehingga membuat kita harus menginstalnya secara manual atau refresh pagenya sampai muncul halaman seperti dibawah ini.

Pada akhirnya, saya memutuskan untuk menginstal pada domain. Karena saya tidak mau membeli domain lagi, jadi saya menggunakan noip.com untuk membuat domain yang bisa saya pakai (ceritahosting-test.ddns.net). Saat melakukan instalasi, mungkin saya melakukan kesalahan yang menyebabkan saya tidak dapat mengakses situs saya dengan (www.ceritahosting-test.ddns.net).

Step – 5 : Uji Coba

Setelah menginstal plugin – plugin yang lumayan penting, maka saatnya saya untuk menguji coba menggunakan situs loader.io. Pada awalnya, saya kurang yakin karena RAM yang kurang memungkinkan. Namun, saya tetap mencoba.

Berikut adalah hasil dari loader.io.

Awalnya saya sudah melakukan verifikasi dan tes sekali, lalu setelah tes pertama saya mencoba untuk melakukan tes kedua. Hasil yang mengejutkan ialah, saat saya mencoba untuk membuka website saya atau panelnya timed out.

Kemudian, saya membuka panel managemen VPSnya dan ternyata VPSnya unreachable. Ini menandakan bahwa VPSnya tidak kuat dan akhirnya menjadi unreachable.

Diatas merupakan detail yang diberikan di Panel Managemen VPS. Ini memberi kesimpulan bahwa mungkin sebenarnya bisa, namun kembali lagi kepada penggunaan dan konfigurasi. Mungkin ini bersifat terlalu memaksa, tetapi rasa penasaran saya akhirnya hilang.

Mungkin bisa dicoba, dan komen dibawah atau share ke social media dengan hashtag #VPSPanel512MB. Saya harap ini dapat menjawab rasa penasaran kalian, dan good luck!

Bonus : Update

Update : Akhirnya bisa juga di test, dan hasilnya dibawah ini. Yang penting work!

Baca juga..

aaPanel itu apa sih? [KLIK DISINI]

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

PENGANTAR ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

  KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)   Definisi: Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di...
Avatar Cerita Hosting
3 min read

Apa itu aaPanel?

Avatar Cerita Hosting
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *