5W + 1H :

Dalam Penulisan Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi / Teknologi Informasi / Implementasi IT

  • Sering kita bertanya dan berpikir : Bagaimana untuk membuat suau tulisan akhir pada saat menjadi mahasiswa akhir, agar tulisan tersebut dapat dibuat, selesai dan dapat bermanfaat bagi orang banyak
  • Setelah kita mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan, dan mendapat pekerjaan terkait pembangunan Aplikasi atau IT Infrastructure , bagaimana untuk memulai Project tersebut sehingga dapat ter-implementasi?
  • Kita juga dapat kendala saat mau memulai bisnis, bagaimana bisnis untuk di mulai dan memberi keuntungan?

Ada guiden yang dapat digunakan seperti:

5W1H

  • Penemu 5W1H adalah Rudyard Kipling yang menjadi sastrawan di Inggris.Rudyard Kipling lahir tanggal 30 Desember 1865 di India.Saat tahun 1907;pada umur 42 tahun Rudyard Kipling menjadi sastrawan inggris pertama yang menerima nobel kesusasteraan.
  • 5W terdiri dari:

  1. What (Apa)

    Pada Bab 1 Pendahuluan, berisikan latar belakang yang dapat digunakan untuk membuat pertanyaan di dalam menulis Tugas Akhir atau tulisan tersebut.

    What : Peristiwa apa yang sedang terjadi? Apa dampaknya? apakah peristiwa tersebut menimbulkan kerugian?, apa pendapat orang-orang tentang kejadian tersebut?

  1. Where (Dimana)

Dapat berisikan lokasi Penelitian, yang memberikan Lokasi dan waktu pekerjaan

  1. Why (Mengapa)

Saat menulis, unsur why dalam tulisan untuk menjelasakan sebab suatu peristiwa terjadi. Suatu peristiwa pasti terjadi bukan tanpa alasan. Oleh karena itu penulis wajib untuk membubuhkan unsur why dalam tulisannya untuk menjelaskan sebab suatu peristiwa terjadi.

Kenapa kita membutuhkan teknologi informasi? Apa saja benefit yang kita dapatkan?

  • Menjangkau lebih banyak konsumen
  • Menyederhanakan proses bisnis, mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, lebih fokus terhadap bisnis inti
  • Memberikan pelayanan yang lebih baik bagi konsumen
  • dll

  1. When (Kapan)

Waktu pembuatan dan penyelesaian menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Perlu di buatkan time line pekerjaan yang di sesuaikan dengan Metodologi yang akan di gunakan. Kapan akan di buat dan kapan Aplikasi akan ter-implementasikan.

  1. Who (Siapa)

Perlu kita tentukan user / team yang akan terlibat di dalam di dalam pembangunan aplikasi tersebut, dan dibuatkan siapa saja yang bertanggung jawab dari tahapan perencanaan sd tahapam impelementasi hingga go live .

  1. HOW (Bagaimana)

Aplikasi yang akan di buat nantinya bagaimana akan di impelementasi dan digunakan, Nilai Investasi untuk Server, Software, Resources dan dokumentasi perlu di detailkan agar kita mengetahui berapa nilai dari pembuatan dan manfaat dari pembuatan Aplikasi tersebut.

Semoga Berguna

Salam Sukses

PUSTAKA

http://getilo.com/id/teknologi-informasi/

https://salamadian.com/apa-itu-5w1h-adalah/