Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

TATA KELOLA IT (IT GOVERNANCE) Enterprise Architecture (EA)

2 min read

TATA KELOLA IT (IT GOVERNANCE)

Enterprise Architecture (EA)

Materi Perkuliahan:

1.Mahasiswa mampu memahami dan bisa menyusun EA yang terintegrasi dengan proses perencanaan strategi TI

2.Mahasiswa mampu memahami dan bisa menjabarkan pengaturan prioritas inisiatif – inisiatif TI dalam satu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi

3. Mahasiswa mampu memahami dan bisa menjabarkan bagaimana menguraikan obyektif organisasi ke obyektif TI sampai pada penjabaran peran, tanggung jawab dan aksi personal TI.

Definisi:

  • Enterprise Architecture (EA) adalah proses menerjemahkan visi dan strategi suatu bisnis ke perubahan yang lebih efektif dengan cara membuat, mengkomunikasikan, dan meningkatkan kebutuhan kunci, prinsip dan model yang mendeskripsikan keadaan perusahaan pada masa depan dan memastikan perusahaan untuk berevolusi menjadi lebih baik (Wikipedia,2012).
  • Enterprise Architecture (EA) menurut Pusat Riset Sistem Informasi di Massachusetts Institute of Technology adalah aspek yang spesifik dari bisnis suatu perusahaan:

    Enterprise Architecture adalah tentang mengorganisasikan proses bisnis dan infrastruktur teknologi informasi yang diintegrasikan dan di standarisasi tergantung kepada visi misi dan model operasional perusahaan. Model operasional adalah model yang paling cocok dengan integrasi dan standarisasi proses bisnis untuk mendistribusikan produk atau layanan perusahaan kepada konsumen.

  • Enterprise architecture (EA)
    adalah praktik menganalisis, merancang, merencanakan, dan menerapkan analisis perusahaan untuk berhasil menjalankan strategi bisnis. EA membantu bisnis menyusun proyek dan kebijakan TI untuk mencapai hasil bisnis yang diinginkan dan untuk tetap mengikuti tren dan gangguan industri menggunakan prinsip dan praktik arsitektur, sebuah proses yang juga dikenal sebagai perencanaan arsitektur perusahaan (EAP). EA dimulai pada 1960-an, lahir dari “berbagai manuskrip arsitektur tentang Perencanaan Sistem Bisnis (BSP) oleh Profesor Dewey Walker,” menurut Enterprise Architecture Book of Knowledge (EABOK).

Tujuan:

Kata Enterprise digunakan karena cakupan dari Enterprise Architecture meliputi:

Sektor organisasi publik maupun pribadi

• Keseluruhan bisnis atau perusahaan

• Bagian dari perusahaan yang besar

• Gabungan dari beberapa perusahaan/ joint venture

• Operasi bisnis berbasis outsourcing

• Perusahaan multinasional

Tujuan dari penggunaan Enterprise Architecture(EA) dalam perusahaan adalah:

• Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi bisnis dari perusahaan itu sendiri.

• Penggunaan Enterprise Architecture ini juga termasuk inovasi dalam struktur organisasi perusahaan, integrasi proses bisnis, kualitas dan ketepatan waktu dari informasi bisnis, serta memastikan bahwa investasi untuk teknologi informasi dalam perusahaan dapat dipertanggungjawabkan.

Manfaat Enterprise Architecture (EA) perusahaan

  • EA dapat menawarkan dukungan untuk desain ulang dan pengorganisasian kembali, terutama selama perubahan organisasi besar, merger atau akuisisi. Ini juga berguna untuk membawa lebih banyak disiplin ke dalam organisasi dengan menstandarkan dan mengkonsolidasikan proses untuk lebih konsisten.

  • EA juga digunakan dalam pengembangan sistem, manajemen dan pengambilan keputusan TI, dan manajemen risiko TI untuk menghilangkan kesalahan, kegagalan sistem dan pelanggaran keamanan. Ini juga dapat membantu bisnis menavigasi struktur TI yang kompleks atau membuat TI lebih mudah diakses oleh unit bisnis lainnya.

  • Menurut CompTIA, manfaat terbesar EAP meliputi:
    • Mengizinkan kolaborasi yang lebih terbuka antara IT dan unit bisnis
    • Memberi bisnis kemampuan untuk memprioritaskan investasi
    • Sehingga lebih mudah untuk mengevaluasi arsitektur yang ada terhadap tujuan jangka panjang
    • Menetapkan proses untuk mengevaluasi dan mendapatkan teknologi
    • Memberikan tampilan komprehensif arsitektur TI ke semua unit bisnis di luar TI
    • Memberikan kerangka tolok ukur untuk membandingkan hasil dengan organisasi atau standar lain

Metode Implementasi:


COBIT


Untuk pembuatan Enterprise Architecture dapat di serahkan kepada konsultan IT atau di buat oleh internal IT, dengan mengacu pada framework Togaf ,Cobit atau Enterprise Architecture Book of Knowledge (EABOK).

Alat dan perangkat lunak arsitektur enterprise (EA)

Microsoft Excel dan PowerPoint adalah dua alat paling dasar yang akan Anda gunakan untuk perencanaan arsitektur perusahaan. Namun, ada alat pihak ketiga dan perangkat lunak yang akan membantu Anda membuat strategi EA canggih untuk bisnis Anda.

Menurut data dari Gartner Peer Insights, berikut adalah beberapa opsi populer saat ini di pasaran:

  • Orbus Software
  • Sparx Systems
  • Software AG
  • Avolution
  • Mega
  • Erwin
  • BiZZdesign
  • Planview
  • SAP

Contoh:

Bagaimana Pembuatan untuk Enterprise Architecture (EA):

  1. Where we have come from


  1. Visi dan Misi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dukungan Information and Communication Technologies (ICT) telah menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam memenangkan persaingan usaha dan juga menjaga keberlangsungan usaha di perusahaan pembiayaan masa kini. Kompetensi pengelolaan ICT Perusahaan telah menjadi kebutuhan mendasar bagi Perusahaan dalam bersaing memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan dan juga memberikan layanan yang efisien. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat di Indonesia di beberapa tahun terakhir, perusahaan juga terus mengikuti perkembangan teknologi tersebut sesuai dengan visi dan misi di bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan terus mengembangkan ekosistem digital yang mendukung perkembangan bisnis. 

Pengembangan ekosistem digital tersebut merupakan pengejawantahan dari prinsip pengembangan ICT jangka panjang yang telah dicanangkan beberapa tahun sebelumnya.

Pengembangan digital ekosistem Perusahaan tentunya juga harus diiringi dengan pengembangan kompetensi organisasi yang berhubungan dengan tata kelola, keamanan, sumber daya manusia, penggunaan teknologi terapan, pemanfaatan data, pengelolaan proyek, serta keberlangsungan usaha.


  1. Our Enterprise Architecture Framework


  1. EA (Enterprise Architecture Development Process 2020


PUSTAKA:


 

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Sistem Pendukung Keputusan(SPK) – Decision Support System(DSS)

  Hi Guys salam jumpa Pada materi kali ini kita akan memberikan materi Sistem Pendukung Keputusan(SPK) , yang lebih asik di dengar dengan nama...
Avatar Cerita Hosting
7 min read

Teknologi Informasi sebagai keunggulan kompetitif

SISTEM INFORMASI MANAGEMENT (Teknologi Informasi sebagai keunggulan kompetitif) PENGANTAR Tujuan dari teknologi informasi adalah menyelesaikan masalah, menumbuhkan kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi didalam melaksanakan...
Avatar Cerita Hosting
2 min read

KONSEP SISTEM INFORMASI-PENGANTAR ENTERPRISE SYSTEM

PENGANTAR ENTERPRISE SYSTEM Pada sesi pertemuan sebelumnya sudah dibahas mengenai e-business dan e-commerce, dimana kita dapat melihat peranan Teknologi dan system informasi untuk keberlangsungan...
Avatar Cerita Hosting
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *