Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Scrum Implementasi untuk Alur Penelitian

51 sec read

Saat ini metodologi scrum sangat banyak digunakan di dalam pembangunan dan pengembangan Aplikasi system informasi.

Dengan resource dan waktu pengerjaan terbatas, diharapkan dapat menghasilkan product yang dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Gambar metodologi Scrum

Langkah-langkah aktifitas dengan menggunakan metodologi Scrum adalah sebagai berikut :

Product Backlog

Bagian pertama yang perlu dilakukan adalah membuat kumpulan hal-hal yang diperlukan dan harus tersedia dari produk atau dalam hal ini adalah sistem yang akan dibangun.

Sprint Backlog

Langkah ini adalah membuat perencanaan dengan dilakukkan pertemuan antara developer dan user, yang akan berkolaborasi untuk memilih product backlog untuk dimasukkan kedalam proses Sprint. Hasil pertemuan tersebut di sebut Sprint Backlog.

Sprint

Dalam Scrum, Sprint adalah sebuah kerangka waktu yang berdurasi maksimal 1 bulan untuk mengembangkan produk yang berpotensi untuk dirilis. Dalam Sprint terdapat 2 pekerjaan, yaitu :

Pertemuan Harian (Daily Standup Meeting)

Merupakan pertemuan dimana setiap 24 jam (1 hari), tim pengembang bertemu untuk membahas perkembangan produk. Hal ini kami lakukan tidak secara langsung, tetapi via dunia maya melalui Skype ataupun Whatsapp.

Refleksi Sprint

Merupakan pertemuan yang dilakukan setiap bulannya yang bertujuan untuk membahas hal dari Sprint Backlog yang telah berjalan dan telah berhasil dikerjakan, serta dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk Sprint yang berikutnya.

Increment

Increment merupakan hasil dari seluruh hal dalam Product Backlog yang telah selesai dikerjakan pada seluruh Sprint. Pada akhir Sprint, Increment harus sudah benar-benar selesai, yang berarti harus dalam keadaan yang useable.

Untuk Alur penelitian dengan Scrum dapat dibuatkan sebagai contoh sebagai berikut:

Semoga dapat membantu

Salam Sukses

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

The three dimensions of trust pada Pembangunan Sistem Informasi

The three dimensions of trust pada Pembangunan Sistem Informasi Pada saat kita akan membangun Aplikasi perusahaan, sering kita dihadapkan dengan pertanyaan mendasar, apakah aplikasi...
Avatar Cerita Hosting
54 sec read

VPN saat WFH & WFA

MANFAAT VPN SAAT WORK FROM HOME(WFH) & WORK FROM ANYWHERE(WFA) Bagaimana agar dapat bekerja darimanapun saat pandemic COVID-19, dimana tidak semua aplikasi perkantoran (ERP)...
Avatar Cerita Hosting
2 min read

How to Memastikan bahwa manajemen keamanan aset informasi tetap…

Bagaimana untuk memastikan bahwa manajemen keamanan aset informasi tetap berjalan di sebuah perusahaan? Informasi dikumpulkan, disimpan, diorganisasikan, dan disebarluaskan dalam berbagai bentuk baik dokumen...
Avatar Cerita Hosting
44 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *