Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

KONSEP SISTEM INFORMASI

6 min read

( E-BUSINESS & E-COMMERCE )

  • Dalam buku Sistem Informasi Manajemen (Laudon C. Kenneth dan Laudon P. Jane, 2014) disebutkan bahwa teknologi informasi merupakan dasar bagi bisnis pada abad 21, seperti kantor, telepon, tampat penyimpanan berkas, berikut gedung tinggi yang dilengkapi dengan tangga berjalan yang efisien yang merupakan fondasi bagi bisnis pada adab 20.
  • Hampir tidak dapat dibayangkan kondisi seluruh sektor ekonomi tanpa adanya investasi secara khusus dibidang teknologi dan sistem informasi.
  • Tidak akan pernah ada perusahaan-perusahaan e-commerce seperti Amazon, eBay, Google, dan yang lainnya. Begitupun industri seperti jasa keuangan, asuransi, biro perjalanan, obat-obatan, pendidikan tidak akan bisa beroperasi  tanpa sistem informasi.
  • Sama seperti perusahaan di sektor ritel, seperti Walmart, Sears, dan perusahaan manufaktur seperti General Motors, General Electric memerlukan teknologi dan sistem informasi untuk bertahan dan memajukan perusahaanya.

Definisi:

  • Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).
  • Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektonik dengan media yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang dipakai secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat sebagai istilah TCP/IP). TCP/IP ini merupakan protokol pertukaran paket (dalam istilah asingnya Switching Communication Protocol) yang bisa digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia.
  • Pengertian Extranet (Ekstranet) adalah sebuah jaringan pengguna (pribadi) yang menggunakan protokol internet serta sistem telekomunikasi publik. Untuk dapat membagi sebagian informasi bisnis atau operasi itu dengan secara aman itu kepada penyalur(supplier), penjual(vendor),mitra(partner), pelanggan dan lain sebagainya.
  • E-Business:

1. Steven Alter

Menurut ahli Steven Alterm e-business yakni satu kegiatan proses bisnis yang dimulai dari perencanaan, mengolah bahan, mengatur manufaktur, penjualan kepada konsumen, menyediakan pesanan, hingga servis melalui teknologi komunikasi, dan data yang sudah diolah melalui teknologi komputer.

2. Sid L Huff dkk

Menurut ahli dari Universitas Wellington ini, menjelaskan e-business adalah kegiatan bisnis yang mencangkup semua aspek yang dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, untuk melakukan kegiatan bisnis antar perusahaan maupun dari perusahaan ke konsumen.

3. Samantha Shurety

Menurut Samantha Shurety yang disampaikan dalam e-business with Net.Commerce Prentice Hall, e-business adalah penggunaan teknologi internet untuk membuat perubahan proses bisnis yang dilakukan.

  • E-Commerce:

Electronic commerce atau selanjutnya disebut E-commerce merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi internet. Pengertian E-commerce itu sendiri adalah suatu proses berbisnis dengan menggunakan teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen, dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektonik. Dengan demikian pada prinsipnya bisnis dengan E-commerce adalah bisnis tanpa warkat paperless trading. (Munir Fuady, 2002).

  • Bukunya Abdul Halim Barkatullah yang dikutip dari kamus Black’s Law Dictionary Seventh Edition, E-commerce didefinisikan :

E-commerce : The practice of buying and selling goods and services trought online consumer service on the internet. The e, a shortened from of electronic, has become a popular prefix for other term associated with electronic transaction.( Ibid., hlm. 12.)

Maksud dari pengertian E-commerce di atas adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa dengan menggunakan jasa konsumen online di internet. Model transaksi yang demikian disebut juga dengan electronic transaction.

  • Pembelian dan penjualan barang, jasa dan informasi dengan menggunakan jasa konsumen melalui jaringan Komputer yang melingkupi internet dan transaksi internal dalam sebuah organisasi. Sehingga e-commerce meliputi segala transaksi elektronik.

IT Infrastruktur

  • Infrastruktur Teknologi Informasi (TI) didefinisikan sebagai sumber daya teknologi bersama yang menyediakan platform untuk aplikasi sistem informasi perusahaan yang terperinci.
  •  Infrastruktur TI meliputi investasi dalam perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan layanan (service).
  •  Infrastruktur TI di dalam organisasi saat ini merupakan hasil dari evolusi selama lebih dari 50 tahun di dalam platform komputasi, mulai dari era mesin hitung di tahun 1930-an, sampai dengan era cloud/mobile computing saat ini.
  • Terdapat beberapa perkembangan penting yang mendukung pengembangan teknologi di bidang infrastruktur IT, diantaranya adalah pemberlakukan berbagai hukum (Moore, Metcalfe, penyimpanan berkapasitas besar, dan perkembangan teknologi mikroprosesor),
  • Penurunan biaya komunikasi dan pengaruh standar jaringan. Ekosistem infrastruktur IT mencakup platform perangkat keras, perangkat lunak, media penyimpanan, jaringan, internet serta layanan konsultasi dan integrasi sistem.

Sumber: https://niluhjuliani91.wordpress.com/2018/01/11/infrastruktur-teknologi-informasi-bagian-3/

E-Business

Manfaat E-Business

Sebagai sebuah sistem, e-business pastinya mempunyai manfaat yang dapat dirasakan. Sama halnya dengan e-commerce juga mempunyai beberapa manfaat.

Berikut ini beberapa manfaat dari e-business.

1. Memperluas Pasar

Manfaat yang pertama yang dapat dirasakan dari e-business adalah dapat memperluar pasar. Dengan memanfaatkan e-business, pelaku bisnis dapat memperluas cakupan pasar dari nasional hingga internasional. Dengan adanya luasnya pasar, pelaku bisnis dapat menjangkau banyak konsumen di daerah tersebut.

2. Menghemat Biaya

Manfaat yang tidak kalah penting dari e-business yang tidak kalah penting adalah dapat menghemat biaya. Biaya yang dimaksud mencangkup biaya komunikasi, waktu transaksi, serta waktu penerimaan.

3. Praktis

Manfaat dari e-business yang ketiga yakni praktis. Untuk para konsumen yang ingin membei barang atau jasa dapat melihat barang dan informasi lainnya melalui internet, Sehingga konsumen tidak perlu repot-repot untuk harus mendatang perusahaan tersebut.

4. Meningkatkan Citra

Manfaat e-business juga dapat meningkatkan kesan yang baik di mata para konsumen. Tentunya hal tersebut diikuti dengan pelayanan yang baik, sebab dengan media internet informasi dapat dengan cepat tersebar.

Kelemahan E-Business:

1. Tidak Ada Tatap Muka

Karena e-business berbabis elektronik dan menggunakan jaringan internet, maka dari itu tidak ada tatap muka antar produsen dan konsumen. Oleh sebab itu, hal ini dapat menimbulkan jalur akses yang sangat terbatas antara pembisnis dengan konsumen dalam hal bertemu langsung. Apabila ingin bertemu harus membuat kesepakatan terlebih dahulu sesuai kesepakatan.

2. Risiko Penipuan

Kegiatan bisnis ini tidak ada pertemuan secara langsung maka beresiko untuk terjadinya penipuan. Terutama untuk pelaku bisnis yang baru pertama kali berkecipung di e-business, yang masih minim pengetahuan mengenai bisnis di internet. Namun penipuan dapat dihindari dengan cara transaksi menggunakan rekening bersama, sehingga transaksi akan lebih aman.

Jenis E-Business

1. Busines To Busines (B2B)

Kegiatan e-business business to business ini merupakan jenis usaha yang melibatkan antara dua perusahaan atau lebih. Perusahaan tersebut juga tidak terbatas pada jeni usaha yang digeluti.

Dan yang paling mendasar adalah semua transaksi dilakukan menggunakan jaringan internet.

2. Busines To Consumer (B2C)

Jenis e-business ini adalah jenis kegiatan bisnis yang dilakukan oleh satu perusahaan yang akan menjual langsung produk ke calon konsumen.

Produk yang ditawarkan tentu mempunyai kualitasnya yang baik dan dengan banderol yang murah. Bagian pelayanannya juga harus baik sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang cukup baik pula.

3. Consumen To Consumen (C2C)

Kegiatan e-business ini yang dilibatkan adalah sesama konsumen namun berbeda status. Seorang konsumen suatu produk akan menjual kembali ke konsumen lainnya.

Pada jenis ini satu konsumen bisa berperan sebagai suplier atau distributor.

4. Consumen To Busines (C2B)

Jenis keempat ini, adalah kegiatan bisnis yang konsumen atau pelanggan memberikan penjelasan mengenai produk baik barang atau jasa apa yang dibutuhkan.Kemudian para produsen atau perusahaan akan berlomba-lomba untuk menyediakan apa yang konsumen tadi butuhkan atau yang diinginkan.

E-Commerce

  • Business to Business (B2B)

Business to business e-commerce umumnya menggunakan mekanisme Electronic Data Interchange (EDI). Sistem ini relatif masih sangat mahal dan standar yang digunakan seringkali menyulitkan interkomunikasi atas pelaku bisnis.

  • Business to Customer (B2C)

Business to Customer e-commerce memiliki permasalahan yang berbeda. Mekanisme untuk mendekati pelanggan pada saat ini menggunakan bermacam-macam pendekatan seperti dengan menggunakan konsep portal.

Keuntungan-Keuntungan E-commerce

Beberapa bentuk keuntungan e-commerce yang didapatkan dari penggunaannya yaitu:

  1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin menjanjikan, yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
  2. Dapat meningkatkan Market Exposure.
  3. Menurunkan tingkat biaya operasional (Operating Cost).
  4. Melebarkan jangkauan perusahaan (Global Reach).
  5. Meningkatkan Customer Loyality.
  6. Meningkatkan Supplier Management.
  7. Memperpendek waktu produksi.
  8. Meningkatkan Value Chain (Mata rantai pendapatan).

Kerugian

  • Meskipun e-commerce merupakan sistem yang menguntungkan karena dapat mengurangi biaya transaksi bisnis dan dapat memperbaiki kualitas pelayanan, namun sisitem e-commerce ini beserta semua infrastruktur pendukungnya mudah sekali untuk disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Bisa jadi kesalahan-kesalahan yang mungkin timbul melalui berbagai cara kerusakan hebat yang terjadi pada semua element yang berkaitan dengan sistem. Dari segi pandangan bisnis, penyalahgunaan dari kegagalan sistem yang terjadi terdiri atas :
    • Kehilangan segi financial secara langsung karena kecurangan, pencurian informasi rahasia yang berharga, kehilangan kesempatan bisnis karena ganguan pelayanan, penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak, kehilangan kepercayaan dari para konsumen, dan kerugian kerugian yang tak terduga.

Aplikasi E-Commerce

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-Commerce adalah:

  • E-mail dan Messaging
  • Content Management Systems
  • Dokumen, spreadsheet, database
  • Akunting dan sistem keuangan
  • Informasi pengiriman dan pemesanan
  • Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
  • Sistem pembayaran domestik dan internasional
  • Newsgroup
  • On-line Shopping
  • Conferencing
  • Online Banking

Manfaat E-Commerce

  • Konsumen dapat berbelanja dengan lebih mudah selama 24 jam sehari sepanjang tahun
  • Konsumen dapat melihat berbagai pilihan produk yang dianggap terbaik dengan harga yang paling sesuai
  • Konsumen dapat membeli produk dan jasa dengan biaya yang lebih mudah setelah melakukan perbandingan dengan berbagai e-commerce.

Perbedaan E-Commerce dan E-Business

  • Satu hal yang paling berbeda antara e-commerce dan e-business ada pada segi tujuan yang dicapai. Dalam e-commerce mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan, Sedangkan e-business bertujuan pada kepentingan dengan waktu yang panjang. Selain itu tujuan yang dicapai e-business juga tidak berbentuk atau nyata. Sebagai contoh kepercayaan konsumen, pelayanan, aturan dalam kerja, hubungan mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.
  • Sebagai sarana memajukan perusahaan yang tidak dimiliki pada e-commerce, yakni sebagai berikut :
    • Kegiatan e-business mempunyai cakupan yang lebih dibandingkan dengan e-commerce. Cakupan tersebut terdiri atas modal, sumber daya manusia, proses penjualan produk baik barang atau jasa. Bahkan hingga resiko yang muncul setelah pembelian barang maupun jasa. Sedang e-commerce,  hanya terbatas pada praktik jual-beli jasa atau barang menggunakan jaringan internet
  • Kegiatan e-business lebih ke arah pembelajaran dan juga menjaga agar konsumen lebih memahami akan kegunaan dari produk tersebut dan didapat dari sebuah transakasi online. Sedangkan e-commerce hanya melaksanakan fungsinga sebagai wadah transaksi jual beli secara online saja.
  • E-commerce merupakan bagian kecil dari kegiatan e-business. Hal tersebut karena e-business adalah sebuah jaringan yang mempuyai komponen yang sangat lengkap. Terdiri dari bagian yang mendukung jalannya sebuah kegiatan bisnis menggunakan jaringan internet.
  • Sistem yang diperlukan untuk membangun sebuah e-business jauh lebih rumit dan banyak yang terdiri dari setiap bagian dari atas hingga bawah sebuah bisnis. Namun e-commerce cukup membutuhkan sistem penjualan yang terdiri dari rincian dan juga analisis dalam segi penjualan barang atau jasa saja.

Hambatan Implementasi  E-Business & E-Commerce

  1. Generic Barrriers to e-Business

Hambatan general e-bisnis dibagi menjadi tiga kategori, yaitu isu yang berhubungan dengan infrastructure, kepercayaan dan realibilitas, dan regulasi

2. Construction-spesific barriers

– Information management system

– Organizational Policies and management

– Human resources and culture : suatu organisasi

Implementasi E-Business & E-Commerce

Berbicara mengenai transformasi digital yang menjadi trend terkini, seperti adanya Aplikasi Mobile yang sudah ter-impelementasikan oleh banyak sector dari UKM hingga perusahaan besar. Mau pesan atau order makanan ada Gojec, tinggal buka aplikasi mobile, kita pesan, bayar dan siap antar dalam hitungan menit.

Pembayaran online, beli pulsa, bayar listrik, transfer ada Dana, Link aja, Mobile BCA, dengan mudah kita lakukan dari device mobile phone kita. Semua terbantukan dengan adanya mobile Aplikasi, apalagi saat pandemic Covid-19.

PUSTAKA

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *