Apakah anda ingin men-downgrade versi WordPress anda dikarenakan theme / plugin anda tidak support? Atau bahkan anda kurang familiar dengan tampilan yang baru? Atau tidak sengaja terpencet update? Jika iya, dan kamu ingin downgrade simak yuk!

1. Apa Saja Yang Perlu Disiapkan?

Yang, harus kamu siapkan ialah :

1. Pastikan anda menggunakan WordPress dan tahu cara menggunakan plugin di WordPress

2. Siapkan backup In-case proses downgrade gagal.

Cara Downgrade WordPress ke versi sebelumnya!

Seperti definisi dari downgrade yaitu mengubah versi baru WordPressmu ke versi lama. Sebelum mendowngrade pastikan anda sudah paham dengan resiko yang ada, dan anda paham dengan bugs – bugs dari versi WordPress lama. Berikut adalah caranya,

1. Login ke Panel Admin WordPress.

Ya, tentu anda harus login ke panel admin anda sebelum dapat melakukan setting terhadap WordPress.

2. Pilihlah plugin Downgrade!

Setelah anda dapat masuk ke panel admin WordPress, klik Plugins kemudian pencet Add New. Kemudian, pada kolom kata kunci pencarian ketik WP Downgrade lalu klik Install Now dan klik Activate setelah tombol Install Now berubah menjadi Activate.

3. Pilihlah versi WordPress yang kamu mau!

Pilihlah versi WordPress yang kamu mau, karena ini downgrade versi sebelumnya ya! untuk list versi WordPress ada disini : [KLIK DISINI]. Sekarang, setelah sudah teraktifasi pluginnya langsung saja ke Settings, Klik WP Downgrade. Saat sudah terbuka, di kolom WordPress Target Version masukkan versi WordPress yang kamu inginkan (seperti : Versi : 5.5.1 ke 5.4.2). Kemudian, klik Save Changes.

4. Lakukan Proses Downgrade!

Lakukan proses downgrade dengan cara yang di instruksikan pada kolom dibawah Save Changes! Dengan cara, ke Update Core dan klik Update Now.