Belajar Cloud Computing :

Apa dan Bagaimana??

Layanan Cloud Computing menjadi trend seller hosting data perusahaan saat ini. Perusahaan penyedia jasa cloud computing dari dalam maupun luar negeri berlomba untuk memasarkan product ini. Tidak asing di telinga kita jika mendengar layanan cloud dari Ali cloud, AWS, Azure, datacomm dan masih banyak lainnya. Sebelum kita memutuskan untuk berlangganan layanan tersebut, ada baiknya kita belajar untuk mengetahui konsep dari Cloud Computing.

Materi : Mampu memahami konsep Cloud Computing

Definisi

  • Cloud Computing merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Cloud Computing memudahkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu dan memudahkan pengguna untuk mengakses data dan informasi melalui internet.
  • Komputasi awan (cloud computing) adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login). … Public cloud penggunaannya hampir sama dengan shared hosting, di mana dalam 1 (satu) server ada banyak pengguna
  • Gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Cloud computing adalah sebuah konsep pemahaman dalam rangka pembuatan kerangka kerja komputasi secara online lokal (LAN) maupun global (internet) dimana terdapat beragam aplikasi maupun data  dan media penyimpanan yang dapat diakses dan digunakan secara berbagi (shared service) dan bersamaan (simultaneous access) oleh para pengguna yang beragam – mulai dari perseorangan sampai kepada kelas pengguna korporasi atau perusahaan.

Cara Kerja Cloud Computing

  • Internet menjadi tulang punggung didalam cloud computing, dan user atau pengguna hanya perlu akses internet ke server aplikasi di cloud.
  • Aplikasi sudah ter-install di infrastructure Cloud computing dan segala layanan akses di arahkan pada alamat server aplikasi di cloud server.

Contoh dari Cloud Computing adalah Yahoo, PDF Gmail, Google Drive. Perintah yang diberikan dalam penggunaan aplikasi tersebut akan langsung terintegrasi secara langsung dengan sistem Cloud Computing yang ada di komputer.

Type Implementasi layanan Cloud Computing



1.PaaS (Platform as Service)

PaaS merupakan kategori / model dari layanan Cloud Computing , dimana Pengguna dapat mengembangkan & menjalankan platform sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa harus membangun dan maintenance infrastruktur untuk menunjang aplikasi mereka .

2.SaaS (Software as Service)

SaaS merupakan model dari layanan Cloud Computing, dimana Software dan seluruh infrastruktur penunjang seperti Server , jaringan , hingga service lainnya disediakan dan dijalankan oleh vendor / provider . Pengguna hanya memastikan jaringan untuk dapat mendapatkan fungsi aplikasi mereka yang telah disediakan oleh provider.

3.IaaS (infrastructure as Service)

Di IaaS model , Hanya infrastruktur (server, jaringan, storage) yang disediakan oleh provider / vendor. Sedangkan untuk aplikasi mulai dari pembuatan hingga maintenance di manage sendiri oleh pengguna (end user).

Manfaat dari Cloud Computing

1. Media Penyimpanan Terpusat pada Server

Teknologi Cloud Computing memudahkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server sesuai layanan yang sudah di sediakan oleh Cloud Computing. Selain itu, dari segi infrastruktur pengguna tidak tidak perlu lagi menyediakannya seperti data center, media penyimpanan, sudah tersedia secara virtual oleh Cloud Computing.

2. Keamanan Data

Dalam penerapan teknologi Cloud Computing penyedia Cloud Computing telah menyediakan jaminan data sehingga data tidak mudah corrupt atau rusak , platform teknologi, jaminan ISO. Tentunya dengan Cloud Computing akan membuat data dan informasi Anda bisa lebih aman terjaga dibandingkan metode konventional yang digunakan oleh kebanyakan orang saat ini.

3. Lebih Murah dan Tahan Lama

Cloud Computing tidak memerlukan media penyimpanan storage pada hard disk eksternal karena sudah ada media penyimpanan terpusat pada server. Karena semua produk hardware atau fisik memiliki masa pemakaian dan setelah masa pemakaian tersebut biasanya akan terjadi beberapa kerusakan dan berfungsi tidak optimal dan sering terjadi error.

Pustaka

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-cloud-computing-defenisi-fungsi-dan-cara-kerja/

https://id.itpedia.nl/2019/06/13/in-de-knel-tussen-paas-en-devops/

https://bhumyamka.wordpress.com/2016/01/20/perbedaan-paas-saas-dan-iaas/