RPA

(Robotic Process Automation)

Saat ini sudah banyak diterapkan RPA oleh beberapa perusahaan seperti industri Manufacture, Insurance, Financing, Banking dalam rangka mempecepat dan mempermudah dari suatu proses bisnis dari unit kerja untuk dapat segera memberikan laporan usaha secara cepat dan akurat.

Dalam tulisan kali ini akan diulas mengenai RPA (Robotic Process Automation) ,dengan menggunakan salah satu product UI Path.


Apa itu RPA

Robotic Process Automation (RPA) adalah bentuk teknologi otomatisasi proses bisnis yang bekerja mengotomasikan interaksi dengan desktop GUI pengguna akhir.

RPA akan meniru aktivitas manusia di dalam komputer dengan waktu yang jauh lebih cepat dan akurasi 100% tanpa “faktor manusia”.

Apa yang bukan:

• Robot industri

• Obrolan bot / chat bots

• Otomatisasi hanya beberapa Proses dalam satu Fungsi atau satu Unit Bisnis

• Tenaga kerja Digital benar-benar menggantikan manusia

Benefit

  • RPA dapat berjalan 24/7 tanpa henti, sehingga kualitas kerja pun akan meningkat. Sehingga setiap dokumen ataupun data yang dikerjakan oleh RPA sesuai dengan yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia.
  • RPA  bekerja  paling  baik  dengan  tugas  reguler  berbasis aturan  dan  membutuhkan  input  manual.  Pendekatan  RPA adalah untuk merampingkan proses internal. Menurut  Prof  Leslie Willcocks,  Professor  of Technology Work  and  Globalization  and  governor  of  the  Information Systems  and  Innovation  Group  at  the  London  School  of Economics, dari hasil penelitiannya yang disajikan di laporan penelitian  McKinsey menyebutkan, bahwa setelah perusahaan yang telah melakukan implementasi RPA akan mendapatkan;
    • Reduce Cost: Dengan mengotomasi tugas-tugas rutin karyawan,  RPA akan  mencapai  penghematan biaya operasional  mencapai  30%  diatas  output produktivitas  yang  dihasilkan  karyawan.
    • Better  customer  experiences:

       Dengan mengimplementasikan  RPA  akan  memberikan mmanfaat  nyata  bagi  sumber  daya  perusahaan  untuk tetap fokus pada kepuasan pelanggan.

    • Lower  operational  risk:

      RPA  akan  membantu perusahaan  untuk  menurunkan  risiko  human  error yang  terjadi  karena  kurangnya  pengetahuan  dalam mengoperasikan sistem.

    • Improved  internal  processes:

       RPA akan  membantu perusahaan  untuk  meningkatkan  proses  pelaporan menjadi  lebih  cepat,  onboarding employee  lebih cepat  dan  kegiatan  internal  lainnya.  Dengan meningkatkan  kemampuan  robot  melalui Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML)  maka perusahaan  akan  dipaksa  untuk  mendefinisikan prosedur tata kelolanya dengan jelas.

    • RPA  tidak  menggantikan  sistem  IT  legacy  yang berjalan  saat  ini,  namun  dengan  RPA  akan meningkatkan sistem IT yang ada.

Contoh:

Implementasi RPA pada Korporasi Perusahaan:


  • Implementasi Bank Reconciliation

Situasi saat ini

Untuk Mencapai Keunggulan & Efisiensi Operasional dalam rangka mendukung pertumbuhan bisnis mereka di masa depan, operasi back office saat ini masih melibatkan tugas manual yang berat yang dapat menyebabkan inefisiensi waktu dan kurang kegiatan penambahan nilai.

Perubahan

RPA akan di implementasikan untuk proses Bank Reconciliation.

Penasaran…..Ikuti lanjutan di https://ceritahosting.com

Sumber :