Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

ANALISA BERORIENTASI OBJECT(ABO) (1)

3 min read

ANALISA BERORIENTASI OBJECT(ABO) (1)

(SERIES-1)

PENDAHULUAN

MATERI-1:

  1. Mampu menyebutkan berbagai model proses rancang bangun perangkat lunak dan kapan berbagai model tersebut harus dipergunakan.
  2. Mampu menjelaskan model Unified Process
  3. Mampu menyebutkan berbagai jenis diagram dalam UML dalam kaitannya dengan tahapan proses dalam Unified Process.

    Salam Pengantar.

    Pada pembelajaran Analisa berorientasi Object, seringkali mahasiswa menghadapi kesulitan, karena tidak mengetahui apa sebenarnya esensi dari Mata kuliah Analisa Berorientasi Object.

    Perlu dasar yang kuat saat mahasiswa mendapatkan materi kuliah SIM(Sistem Informasi Management), Basis Data, Flowchart, Proses bisnis dan Analisa Perancangan Sistem Informasi, agar dapat berhasil didalam perkuliahan Analisa Berorientasi Object tersebut.

    Pada materi kali ini, kami akan menjelaskan secara tahap demi langkap dari pengalaman mengajar dan berbagai sumber referensi pengajaran yang kami dapatkan.

    Salam Sukses

    Definisi

    Analisa:

    Mempelajari domain permasalahan bisnis untuk merekomendasikan perbaikan dan menentukan kebutuhan system untuk menyelesaikan permasalahan.

    Desain :

    Menentukan solusi teknis/computer-based dimana solusi ini berdasarkan kebutuhan system yang telah diidentifikasi pada proses analisis.

    • Pengertian “berorientasi objek” berarti bahwa kita mengorganisasi perangkat lunak sebagai kumpulan dari objek tertentu yang memiliki struktur data dan perilakunya.

    Analisis dan desain berorientasi objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek,yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas.

  • OOSAD (Object Oriented System Analysis and Design) merupakan paradigma analisa dan perancangan sistem yang titik perhatiannya adalah penggambaran struktur dan tingkah laku system informasi yang meliputi data dan process. Secara statis struktur data dan process akan menunjukkan hubungan antar bagian dari sistem, sedangkan secara dinamis menunjukkan bagaimana bagian-bagian sistem tersebut akan berinteraksi antara satu dengan lainnya.

    Untuk penggambaran tersebut diperlukan pemahaman dasar dari class, object, method, message, encapsulation, information hiding, inheritance, polymorphism, dan dynamic binding.

Metode Analisa

Analisa sistem dimulai dengan adanya dokumen permintaan (requirement) yang

diperoleh dari semua pihak yang berkepentingan. (Mis: klien, developer, pakar, dll)

Dokumen permintaan memiliki 2 fungsi:

1. Memformulasikan kebutuhan klien

2. Membuat suatu daftar tugas

Karakteristik dari Objek

Identitas berarti bahwa data yg diukur mempunyai nilai tertentu yang berbeda. Entitas disebut Objek.

• Objek dapat kongkrit, seperti halnya arsip dalam sistem, atau konseptual seperti kebijakan penjadualan dalam multiprocessing dlm suatu system operasi.

• Setiap objek mempunyai sifat yang melekat pada identitasnya.

• Dua objek dapat berbeda walaupun semua nilai atributnya identik.

Kelas Objek

• Kelas merupakan gambaran sekumpulan Objek yang terbagi dalam atribut, operasi, metode, hubungan, dan makna yang sama.

• Suatu kegiatan mengumpulkan data (atribut) dan perilaku (operasi) yang mempunyai struktur data sama ke dalam satu grup.

• Kelas Objek merupakan wadah bagi Objek. Dapat digunakan untuk menciptakan Objek.

• Objek mewakili fakta/keterangan dari sebuah kelas

Istilah-istilah Objek

Atribut : Data item yang menegaskan Objek

Operasi : Fungsi di dalam kelas yang dikombinasikan ke bentuk tingkah laku kelas

Metode : Pelaksanaan prosedur (bagian dari kode yang mengeksekusi respon terhadap permintaan objek lain didalam sistem).

Metodologi Berorientasi Objek

• Encapsulation (pengkapsulan)

• Inheritance (pewarisan)

• Polymorphism (polimorfisme).

Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)

  • C++

• Java

• Visual Basic .net

• Delphi

• dll..

ENCAPSULATION (PENGKAPSULAN)

  • Encapsulation merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup program

terhadap data yang diproses.

  • Data dan prosedur atau fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu objek,

sehingga prosedur atau fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya.

  • Data terlindung dari prosedur atau objek lain, kecuali prosedur yang berada

dalam objek itu sendiri.

Contoh:

Televisi :

– Tampak luar hanya layar dan beberapa tombol operasi

– Di dalam terkandung kompleksitas rangkaian elektronika.

INHERITANCE (PEWARISAN)

• Inheritance adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung. Atribut dan metode dari objek induk diturunkan kepada anak objek, demikian seterusnya.

• Inheritance mempunyai arti bahwa atribut dan operasi akan dimiliki bersama di antara kelas yang mempunyai hubungan secara hirarki.

• Suatu kelas dapat ditentukan secara umum, kemudian ditentukan spesifik menjadi subkelas. Setiap subkelas mempunyai hubungan atau mewarisi semua sifat yang dimiliki oleh kelas induknya, dan ditambah dengan sifat unik yang dimilikinya.

• Kelas Objek dapat didefinisikan atribut dan service dari kelas Objek lainnya.

• Inheritance menggambarkan generalisasi sebuah kelas.


Polimorphism

Arti :

  • Mempunyai banyak bentuk Merupakan suatu konsep yang menyatakan sesuatu yang sama dapat memiliki berbagai bentuk dan perilaku yang berbeda.
  • Polimorfisme yaitu konsep yang menyatakan bahwa sesuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda.
  • Polimorfisme mempunyai arti bahwa operasi yang sama mungkin mempunyai perbedaan dalam kelas yang berbeda.
  • Kemampuan objek-objek yang berbeda untuk melakukan metode yang sesuai dalam merespon pesan yang sama.
  • Seleksi dari metode yang sesuai, bergantung pada kelas yang seharusnya menciptakan Objek.

Contoh

Polimorphism pada C++ dapat dikenakan pada fungsi atau operator dan di kenal dengan

overloading.

Berikut fungsi dengan nama gambar :

gambar(x,y); Menggambar titik

gambar(x1,y1,x2,y2); Menggambar garis

gambar(x,y,5); Menggambar lingkaran


https://www.askpython.com/python/oops/polymorphism-in-python

Model Unified Process

Unified Process adalah kerangka kerja proses pengembangan perangkat lunak yang iterative dan incremental. Penyempurnaan Unified Process yang paling terkenal dan banyak didokumentasikan adalah Rational Unified Process.

Contoh lain adalah OpenUP dan Agile Unified Process.

Adaptable methodology for Object-Oriented Software production

• Iterative and Incremental

• UML diagrams

• Unified Modeling Language (UML)

• Redrawn as more knowledge about system is gained (more accurate, extended).

Mengapa UML digunakan?

UML dapat digunakan untuk mengembangkan diagram dan memberikan contoh pemodelan ekspresif yang siap pakai kepada pengguna (programmer). Beberapa alat UML menghasilkan kode bahasa program dari UML. Dengan pemahaman tentang pemodelan, penggunaan dan aplikasi UML dapat membuat proses pengembangan perangkat lunak lebih efisien.

UML Class Diagram

Models the classes needed and relationship associations, inheritance, compositions

and dependencies.



Waterfall vs. Unified Process


Waterfall

• One dimensional

• Each phase must be completed before you begin the next phase.

Unified Process

• Incremental and Iterative

• Two dimensional

• Task is divided into increments (phases)

• Within each increment the developers have to iterate (workflows) until task is complete

• Consecutive series of waterfall models

Perbedaan ada pada work flow:

  • Core Workflows
  • Requirements
  • Analysis
  • Design
  • Implementation
  • Test

Phases of the Unified Process

  • Inception :

Determine whether it is worthwhile to develop product Initial scope and financial details

  • Elaboration:

Refine requirements, produce software management plan Construction Produce beta-release, initial user manual

  • Transition

Client feedback, correct faults, complete manuals

Apakah flowchart diagram UML?

UML – Diagram Aktivitas. Activity diagram adalah diagram penting lainnya dalam UML untuk menggambarkan aspek dinamis sistem. Activity diagram pada dasarnya adalah diagram alur untuk mewakili aliran dari satu aktivitas ke aktivitas lain. Aktivitas dapat digambarkan sebagai operasi sistem.

Diagram yang digunakan untuk menggambarkan

Proses bisnis,

Langkah-langkah use case

Logika perilaku obyek/ metode

Fungsi Activity Diagram

• Menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses

• Memperlihatkan urutan aktifitas proses pada sistem

• Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram.

Detail dapat di lihat: https://ceritahosting.com/2020/06/20/analisa-perancangan-sistem-informasiapsi11-activity-diagram/

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Sistem Pendukung Keputusan(SPK) – Decision Support System(DSS)

  Hi Guys salam jumpa Pada materi kali ini kita akan memberikan materi Sistem Pendukung Keputusan(SPK) , yang lebih asik di dengar dengan nama...
Avatar Cerita Hosting
7 min read

Teknologi Informasi sebagai keunggulan kompetitif

SISTEM INFORMASI MANAGEMENT (Teknologi Informasi sebagai keunggulan kompetitif) PENGANTAR Tujuan dari teknologi informasi adalah menyelesaikan masalah, menumbuhkan kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi didalam melaksanakan...
Avatar Cerita Hosting
2 min read

KONSEP SISTEM INFORMASI-PENGANTAR ENTERPRISE SYSTEM

PENGANTAR ENTERPRISE SYSTEM Pada sesi pertemuan sebelumnya sudah dibahas mengenai e-business dan e-commerce, dimana kita dapat melihat peranan Teknologi dan system informasi untuk keberlangsungan...
Avatar Cerita Hosting
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *