Setiap mahasiswa baik Program D-III ataupun S-1, di akhir semester perkuliahan akan dihadapkan dengan pembuatan laporan akhir, yang lebih dikenal sebagai Tugas Akhir maupun Skripsi.

Pada tulisan kali ini, akan dijelaskan secara singkat mengenai pengertian dari Tugas Akhir maupun Skripsi dan bagaimana tata urutan penulisannya.

Semoga tulisan ini dapat membantu para calon Sarjana / Diploma di dalam penulisan.

Definisi:

  • Tugas Akhir adalah karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa setiap program studi berdasarkan hasil penelitian suatu masalah yang dilakukan secara seksama dengan bimbingan dosen pembimbing.
  • Tugas akhir bagi mahasiswa program diploma III berbentuk paper atau proyek akhir. Untuk program sarjana berbentuk skripsi.
  • Tugas Akhir adalah karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa setiap program studi berdasarkan hasil penelitian suatu masalah yang dilakukan secara seksama dengan bimbingan dosen pembimbing. Tugas akhir merupakan salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa.
  • Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Jangan Bingung!!

Apa beda skripsi dan tugas akhir?

  • Tugas akhir bisa berupa skripsi atau mengerjakan tugas yang formatnya beda dengan skripsi, misal TA itu tanpa harus melakukan penelitian tetapi cukup dengan hasil telaah dari kajian pustaka saja.
  • Tujuan Tugas Akhir Hasil utama dari tugas akhir adalah data atau informasi yang berhasil disusun melalui kegiatan penelitian. Tujuan ini diuraikan dengan singkat. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan yang mendasari penelitian yang akan dilakukan.

    Jangan lupa!! di perlukan penelitian ya guys:

    Penelitian adalah salah satu cara menjadikan mahasiswa menjadi seorang pemikir yang berwawasan luas. Dengan melakukan penelitian, mahasiswa dilatih untuk bepikir obyektif, sistematis, dan memahami persoalan secara lebih mendalam serta berpikir kedepan.

    Bagaimana Cara mengerjakan Skripsi?

    Ada Kesulitan mahasiswa di dalam penulisan akhir seperti:

  • Teknik pengumpulan data adalah cara yang digunakan peneliti dalam mendapatkan data di lapangan.
  • Dalam penelitian sosial, ada beberapa teknik yang umum dilakukan, yaitu kuesioner, studi pustaka, wawancara, dan observasi.

    Untuk petunjuk dapat diakses di:

    https://ceritahosting.com/2020/05/03/analisa-dan-perancangan-sistem-informasi-apsi-5/

Petunjuk penulisan beberapa kampus/Universitas tentu saja ada perbedaan, namun di tulisan ini kita membuat tatacara penulisan yang hampir semua kampus bisa lakukan:

Demikian tulisan kali ini, semoga berguna

Salam Sukses