Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Tools WFH (Work From Home): Media Tatap Muka Online(Meeting Online)

2 min read

PSBB (Pembatasan Sosial berskala Besar) saat ini yang diterapkan hampir di seluruh kota besar di Indonesia , membuat aktifitas rutin yang selama ini dari pegawai kantoran yang selama ini hadir dikantor, akhirnya bekerja dilakukan dirumah. Pelajar SMP/SMU/SMK/MTS/MAN/Mahasiwa/Dosen/Guru melakukan hal yang sama, dimana kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi, dengan tatap muka online, memanfaatkan akses internet.

Aktifitas yang sebelumnya normal menjadi New-Normal, dimana pada akhirnya menjadi kebiasaan baru dan menjadi biasa setelah diterapkannya WFH(Work From Home).

Menurut sebuah studi dari FlexJobs, banyak mempekerjakan manajer memperkirakan bahwa lebih dari 33% dari karyawan mereka akan bekerja jarak jauh dalam dekade berikutnya.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh perangkat lunak Web Conference antara lain:

  • Inisiasi Rapat. Ini adalah kemampuan untuk memulai pertemuan bukan hanya menjadi peserta pertemuan. Hal ini sangat penting jika Anda akan mengadakan konferensi video sendiri.
  • Berbagi layar. Jika Anda ingin peserta rapat mampu melihat apa menampilkan pada komputer Anda selama konferensi web, Anda akan memerlukan fitur ini.
  • Rekaman. Kemampuan untuk dapat merekam konferensi hidup web Anda dapat berguna untuk anggota yang tidak bisa membuat pertemuan. Hotel ini juga dapat berfungsi sebagai catatan dari apa yang telah terjadi.
  • Audio.
    Jika beberapa anggota tim Anda tidak memiliki webcam, Anda akan ingin mereka setidaknya dapat mengambil bagian melalui audio.
  • Tayangan slide. Tampilan slide dapat menjadi cara yang bagus untuk mengatur informasi Anda hadir selama pertemuan web Anda. Pertimbangkan menggunakan slideshow template untuk presentasi lebih profesional (Lihat bagian di bawah ini).
  • Chat pribadi.
    Chat pribadi adalah kemampuan untuk beberapa anggota tim untuk berkomunikasi secara pribadi selama pertemuan utama. Hal ini dapat berguna untuk menjawab pertanyaan.
  • Video Conferencing. Fitur ini memungkinkan peserta rapat untuk mengaktifkan webcam mereka sehingga mereka dapat melihat satu sama lain selama pertemuan.
  • Dukungan teknis.
    Jika ini adalah pertama kalinya Anda hosting konferensi video langsung melalui web, pastikan paket yang Anda pilih memiliki baik teknis, dukungan yang tersedia untuk membantu Anda mengatasi rintangan apapun.
  • Biaya. Hal ini menjadi pertimbangan utama sebelum menentukan standar yang akan digunakan, apakah dipilih yang berbayar atau yang free.

Beberapa tools yang dapat digunakan saat WFH(Work From Home) sebagai media tatap muka/meeting online yang dapat digunakan:

  1. Zoom Meeting

    Zoom adalah aplikasi buatan miliarder, Eric Yuan, yang dirilis pada Januari 2013. Selain aplikasi, Zoom juga dapat diakses melalui website, baik untuk OS Mac, Windows, Linux, iOS, dan Android. Ketika mendaftarkan diri, kamu berada di jenis akun Basic yang memiliki beberapa keuntungan, seperti:

  • Dapat melakukan meeting hingga 100 partisipan
  • Gratis 40 menit video
    conference untuk rapat kelompok, kamu dapat mengulang lagi jika durasi sudah habis
  • Kualitas suara dan gambar HD
  • Screen-sharing
  • Akses ke virtual background
  • Menjadwalkan hingga merekam keseluruhan meeting
  • Membagi partisipan menjadi beberapa “ruangan” dengan fitur Breakout Rooms


Untuk akses: Kunjungi zoom.us, lalu klik tombol Sign Up.

  1. Skype For Business

    Skype untuk bisnis, pertemuan web Anda dapat menyertakan hingga 250 orang (dengan berlangganan Microsoft Office 365). Gunakan alat untuk berbagi desktop Anda dan berkolaborasi secara online secara real-time. Anda juga dapat merekam pertemuan Anda.

     

  2. Microsoft Team

    Selenggarakan konferensi audio, video, dan konferensi web dengan siapa saja. Dapatkan fitur seperti pengatur jadwal, pencatat notula, berbagi layar, perekaman rapat, dan pesan instan.

    Untuk Register:

    https://signup.microsoft.com/create-account/signup?products=CFQ7TTC0K8P5:0001&culture=id-id&country=ID&lm=deeplink&lmsrc=homePageWeb&cmpid=FreemiumSignUpHero


  3. Cisco Webex


     

    Jumlah orang yang dapat disertakan dalam web Anda bertemu tergantung pada tingkat paket pembelian Anda. Dengan tingkat pemula, Anda dapat menyertakan 50 peserta. Pada tingkat perusahaan Anda dapat memiliki hingga 1000 peserta pertemuan. Percobaan gratis juga tersedia.

    https://www.webex.com/test-meeting.html

     

  4. Gotomeeting

    Web conferencing software ini dirancang khusus untuk rapat online. Anda juga dapat mengatur ruang pertemuan pribadi dengan URL Anda sendiri. Berbagi desktop secara real-time, sehingga peserta dapat melihat apa yang Anda sedang berbicara tentang. Merekam pertemuan Anda dan menyimpannya di dalam awan. Anda juga dapat men-download versi percobaan gratis software konferensi video ini.

    https://www.gotomeeting.com/try

     


     

  5. Google Meet

    Pengguna perorangan dapat mengadakan rapat video yang aman secara gratis dengan Google Meet. Tim dapat menggunakan G Suite Essentials untuk mengakses fitur-fitur tingkat lanjut Meet, dan juga Drive, Dokumen, Spreadsheet, dan Slide yang didesain untuk bisnis.

    Coba G Suite Essentials, gratis sampai 30 September 2020.

     


     

    https://meet.google.com/?pli=1

 

Tag in : WFH, Work From Home, Covit 19, PSBB, zoom meeting, Microsoft team, Google Meet

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Sistem Informasi Management-Dukungan SIM terhadap kualitas produk dan jasa

TOPIK PERKULIAHAN: Dukungan SIM terhadap kualitas produk dan jasa Definisi: Pengertian Kualitas Produk  Kualitas produk adalah kondisi fisik, fungsi dan sifat suatu produk baik...
Avatar Cerita Hosting
7 min read

PENGANTAR ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

  KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)   Definisi: Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di...
Avatar Cerita Hosting
3 min read

PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI DI DALAM PERUSAHAAN

MATERI PERKULIAHAN PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI DI DALAM PERUSAHAAN Sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah: Sistem perencanaan bagian dari...
Avatar Cerita Hosting
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *