Pada saat membangun aplikasi seperti website taupun aplikasi berbasis web, kita secara sadar ditanyakan dari developer aplikasi(Pembuat aplikasi) ataupun user(pengguna), nanti tampilan aplikasi tersebut bagaimana bentuk hasil dari website tersebut. Secara langsung berbicara(verbal), maka kita akan menjelaskan nanti tampilan dari aplikasi akan seperti yang di inginkan. Namun hal ini masih sebatas penangkapan secara verbal dan perlu dituangkan didalam design/perancangan.

Dalam tulisan kali ini, kami akan memaparkan secara sederhana apa itu UI dan UX.

UI dan UX adalah singakatan dari User Interface dan User experience yakni merupakan sebuah tampilan visual dalam sebuah aplikasi atau alat pemasaran digital dalam bentuk website yang dapat meningkatkan brand yang dimiliki oleh bisnis atau perusahaan yang anda miliki.

  • Design User Interface (UI)

Desain user interface merupakan sebuah tahap perancangan tampilan visual. Tampilan visual dari sebuah sistem digunakan untuk membantu pengguna akan lebih mudah penggunaannya, karena hal ini merupakan alat interaksi utama antara pengguna dengan sistem.

Desain user interface meliputi hierarki menu dan desain interface website.

Gambar. Hirarki Menu Footer

Gambar. Design Interface Website

  • Apa yang dimaksud dengan UX?

User Experience adalah bagaimana seorang pengguna internet mengakses website, suatu pengalaman yang mereka dapatkan dari website tersebut. Contoh User Experience adalah mengeksplorasi semua fitur website yang ada, melihat tampilan website-nya, dan melakukan prosedur hingga berhasil transaksi produk/jasa.

belidoang
belidoang

  • Apa perbedaan UI & UX

1. User Experience(UX) berkonsentrasi pada bagaimana sebuah produk akan mudah di akses user/pelanggan/pengguna, dan apakah dapat memecahkan masalah bagi pengguna, di saat pengguna ingin memilih atau mencari sebuah produk yang dinginkan dengan mudah, sehingga tujuan pengguna tercapai.

2. User Interface adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat dan berbentuk seperti apa. Hal tersebut mencakup Layout (tata letak), Visual Design (desain visual) dan Branding.

Mengapa UI (User Interface) UX(User Experience) penting?

A. Desain User Interface (UI)

memang sangat penting karena itu akan menentukan bagaimana seseorang berinteraksi dengan website dan aplikasi tersebut. User interface juga menentukan apakah pengunjung website atau pengguna aplikasi dapat menavigasi website atau aplikasi dengan mudah.

B. User Experience (UX)

Imaginovation, salah satu lembaga di Amerika lewat penelitiannya menemukan bukti apabila UX mampu meningkatkan peforma web dan kualitas konten, seperti fitur lengkap, akses cepat, konten menarik dan mudah menemukan segala macam informasi yang diperlukan.

Penerapan user experience pada akan memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Karena didalamnya sudah ada penilaian aspek usability. Setiap aplikasi pastilah dibuat agar para pengguna mudah untuk menggunakannya.

Salam Sukses!