Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Wifi 6 – Networking

1 min read

Wifi 6

Wi-Fi 6 merupakan next-generation wireless standard yang lebih cepat dibandingkan 802.11ac. Kecepatan ini memungkinkan performa jaringan yang lebih baik pada area yang padat seperti stadium atau area perkantoran.

Berikut ini adalah perkembangan versi Wi-Fi dan kode jaringan yang dicantumkan pada device:

Versi Wi – FiKode JaringanTahun Rilis
Wi – Fi 1802.11b1999
Wi – Fi 2802.11a2003
Wi – Fi 3802.11g2003
Wi – Fi 4802.11n2009
Wi – Fi 5802.11ac2013
Wi – Fi 6802.11ax2019

Sumber Detik Inet

Pada gambar diatas terlihat, setiap generasi Wi-Fi terbaru memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Sebagai contoh, Wi-Fi 6 memiliki kecepatan 40% lebih tinggi dibandingkan Wi-Fi 5.

Proses perpindahan data dilakukan melalui gelombang radio yang sama. Perkembangan versi Wi-Fi mengikuti perkembangan kemampuan chips untuk encode dan decode signal sehingga dapat menyelesaikan lebih banyak memrosesan signal. Wi-Fi 6 keningkatkan kecepatan jaringan hingga 2.4GHz yang memungkinkan signal menembus objek seperti
dinding dan bangunan dengan lebih baik.

Gambar diatas merupakan gambaran teknologi yang dimiliki Wi-Fi 6. Wi-Fi 6 membagi channel wireless menjadi sejumlah besar subchannels. Setiap subchannels membawa data untuk device yang berbeda (Wi-Fi 6 dapat berkomunikasi dengan berbagai device pada waktu yang sama). Proses ini dilakukan dengan teknologi Orthogonal Frequency Division Multiple Access (OFDMA).

Fitur lain yang ditingkatkan adalah Multiple In/Multiple Out (MIMO). Pada Wi-Fi 5 access point dapat berkomunikasi dengan beberapa device pada waktu yang sama, tetapi beberapa device ini tidak dapat merespon pada waktu yang sama. Pada Wi-Fi 6 digunakan multi user MIMO (MU-MIMO) yang memungkinkan beberapa device merespon pada waktu yang sama.

Pada Wi-Fi versi 5 ke bawah, ketika beberapa wireless access point melakukan transmisi pada channel yang sama, Wi-Fi radio membuat antrian signal untuk diproses. Pada Wi-Fi 6, wireless access point dapat dikonfigurasi untuk memiliki Basic Service Set (BSS) yang berbeda. BSS ini menggunakan flag angka antara 0 dan 7. Flag BSS menandakan prioritas signal dan memisahkan signal yang seharusnya ditransmisi dan noise. Fitur ini dikenal sebagai spatial frequency re-use dan meningkatkan performance pada area yang padat.

Selain itu, Wi-Fi 6 memiliki fitur target wake time (TWT) yang memungkinkan penggunaan daya baterai lebih sedikit. Fitur TWT ini memungkinkan access point untuk memberi tahu device waktu yang tepat untuk menyalakan dan mematikan Wi-Fi radio sehingga Wi-Fi radio lebih banyak berada di mode sleep dan menghemat penggunaan daya.

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

PENGANTAR ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

  KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)   Definisi: Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di...
Avatar Cerita Hosting
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *