Kali ini saya akan memberi tahu tutorial cara menghindari bahaya injeki/hacking pada wordpress. Yuk disimak :).

Berikut ini beberapa langkah untuk memulai:
1. Perbarui! Memperbarui! Memperbarui!Kebanyakan peretasan / Injeksi adalah umum karena WP atau plugin sudah usang. Lebih mudah auto update pada wordpress dinyalakan saja.


2. Hapus akun โ€˜adminโ€™ – Membuat peretas sulit.WordPress memungkinkan Anda untuk memberikan akses administrator ke akun pengguna lain. Jadi, alih-alih menggunakan nama pengguna ‘admin’, gunakan beberapa nama pengguna unik lainnya.


3. Periksa izin file, pastikan izinnya bukan (777), lebih baik ganti izin untuk file menjadi (644) dan untuk folder (755).


4. Jangan pernah gunakan bajakan!, selalu gunakan theme & plugin original dan berlisensi. Jangan pernah mengambil yang bajakan, karena dibeberapa plugin/theme bajakan terdapat backdoor yang memungkinkan hacker dapat memiliki akses penuh ke website.

5. Gunakan SSL untuk memperketat CMS WordPress kita, gunakan plugin Really simple SSL. Karena menurut beberapa riset website yang menggunakan SSL lebih sulit di hack daripada website tanpa SSL.

7. Lakukan backup website secara berkala/teratur agar jika terjadi peretasan kepada website itu. Kita tidak kehilangan seluruh isi website tersebut ๐Ÿ™‚

Mungkin sekian saran dan tips dari saya, and thanks for reading ๐Ÿ˜‰