Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

NDLC (Network Development Life Cycle)

1 min read

Apa itu NDLC (Network Development Life Cycle)??

 


 

Untuk metodologi yang dapat digunakan oleh rekan di IT Infrastructure, terkait dengan jaringan (Network) perusahaan ataupun individu, masih dihadapi dengan kendala berupa metodologi apa yang bisa digunakan?

Untuk Pembangunan Aplikasi, sudah banyak bahasan metodologi yang dapat digunakan, seperti Waterfall, SDLC , Scrum , RAD. Bagaimana dengan Network (Jaringan) yang merupakan bagian dari IT Infrastructure Implementasi?

Dari berbagai sumber, penulis akan memberikan salah satu model metodologi yang dapat digunakan, yaitu NDLC (Network Development Life Cycle)

Apa dan bagaimana Implementasi dari NDLC, hayo kita baca lanjutannya.

Metode Network Development Life Cycle (NDLC) merupakan sebuah metode yang bergantung pada proses pembangunan sebelumnya seperti perencanaan strategi bisnis, daur hidup pengembangan aplikasi, dan analisis pendistribusian data.

Dengan metode ini bertujuan mempunyai fase, tahapan, langkah atau mekanisme proses me-redesign jaringan komputer dengan baik dan benar. (Menurut Goldman dan Rawles, 2001 )

– Point dari pemanfaatan metode Network Development Life Cycle (NDLC) merupakan sebuah metode yang bergantung pada proses pembangunan sebelumnya seperti perencanaan strategi bisnis, daur hidup pengembangan aplikasi, dan analisis pendistribusian data.

Penjelasan:

  • Analisa merupakan tahap awal peneliti melakukan analisa kebutuhan, analisa permasalahan yang muncul, analisa kebutuhan user dan analisa topologi jaringan yang sudah ada saat ini pada PT XYZ Jakarta.
  • Desain dari data-data yang didapatkan sebelumnya, pada tahap desain ini akan membuat gambar desain topologi jaringan interkoneksi yang akan dibangun, diharapkan dari gambar ini akan memberikan gambaran seutuhnya dari kebutuhan yang ada pada PT XYZ Jakarta.
  • Simulasi merupakan tahapan penulis membangun prototipe sistem pada PT XYZ dari data yang telah didapat pada tahap-tahap sebelumnya dengan menggunakkan alat bantu tools Visio untuk membangun topologi yang akan di design.
  • Implementasi menggunakan spesifikasi rancangan sebagai masukan prosesnya untuk menghasilkan keluaran yang telah dihasilkan pada tahap simulation prototyping dimana berupa instruksi penerapan sistem secara nyata yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu: Konfigurasi dan analisis yang meliputi proses instalasi dan konfigurasi terhadap rancangan topologi jaringan dan komponen pada PT XYZ Jakarta
  • Monitoring atau pengawasan terhadap efektivitas kinerja dari sistem yang sudah dibangun atau diterapkan agar jaringan komputer dan komunikasi dapat berjalan sesuai dengan keinginan dan tujuan awal dari user pada tahap awal analisis, maka Penulis perlu melakukan kegiatan monitoring atau pengawasan terhadap sistem.
  • Manajemen atau pengaturan, salah satu yang menjadi perhatian khusus adalah masalah policy kebijakan perlu dibuat untuk membuat atau mengatur agar sistem yang telah dibangun dan berjalan dengan baik dapat berlangsung lama dan unsur reliability terjaga.

 

Secara sistematik penelitian ini memiliki alur diagram (flow chart) sebagai berikut :


Bagaimana? Tertarik menggunakannya

 

Terima Kasih

Salam Sukses.

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Internet of Behavior (IOB)

    Internet of Behavior (IOB) Menurut laporan dari https://www.informationweek.com ada sekitar 10 trend IT yang perlu dilihat di 2021: Digital Transformation Intelligence Everywhere...
Avatar Cerita Hosting
2 min read

MDLC(Multimedia Development Life Cycle):Metode Pemilihan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi

  MDLC(Multimedia Development Life Cycle): (Metode Pemilihan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi)   Pengantar Bagi Konsultan IT, Praktisi IT, Team Development Aplikasi, tidak mudah untuk...
Avatar Cerita Hosting
1 min read

BAGAIMANA MENENTUKAN VARIABLE PADA TABLE DATABASE

  PERANCANGAN BASIS DATA BAGAIMANA MENENTUKAN VARIABLE PADA TABLE DATABASE   Pada saat design table pada saat perancangan basis data, kita akan di hadapkan...
Avatar Cerita Hosting
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *