Saat dunia sedang mengalami wabah Covid-19, Teknologi dan system informasi terus berjalan dan berkembang untuk menghasilkan inovasi inovasi lanjutan untuk kemajuan peradaban umat seluruh dunia.

Work from home(WFH) menjadi pilihan bagi pekerjaan saat ini, dan bisnis dijalankan dari rumah menggunakan teknologi Informasi seperti Zoom, Team dan pruduk lainnya dipasaran.

Terkait hal tersebut, bagi mahasiswa Teknologi Informasi/ System informasi , ada beberapa Skill teknologi yang perlu di pelajari dan di kuasai, agar dapat bersaing dan diterima bekerja di dunia global seperti:

  • Python - Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, manajemen infrastruktur dan analisis data. Filosofi desain Python menekankan pembacaan kode dengan penggunaan signifikan ruang putih yang signifikan(significant white space).
    

  • React (web)
    							- Pustaka JavaScript untuk membangun antarmuka pengguna. Itu dikelola oleh Facebook dan komunitas pengembang dan perusahaan individu. Reach dapat digunakan sebagai basis dalam pengembangan single page atau aplikasi seluler / Mobile Aplikasi. 
    

  • Angular - Kerangka web front-end open-source berbasis-JavaScript. Itu dikelola oleh Tim Angular di Google dan oleh komunitas individu dan perusahaan. Angular adalah penulisan ulang lengkap dari tim yang sama yang membangun AngularJS.
    

  • Machine Learning
    							- Studi ilmiah tentang algoritma dan model statistik. Itu dilihat sebagai bagian dari kecerdasan buatan.
    

  • Docker - Platform sumber terbuka yang digunakan untuk membuat paket perangkat lunak yang disebut wadah atau container. Wadah atau container  diisolasi satu sama lain dan menggabungkan perangkat lunak mereka sendiri, perpustakaan dan file konfigurasi.
    

  • Django - Kerangka kerja web gratis dan open-source berbasis-Python. Tujuan utama Django adalah untuk memudahkan pembuatan situs web kompleks yang digerakkan oleh basis data.
    

  • CompTIA - Organisasi teknologi profesional yang memiliki empat seri sertifikasi TI mulai dari level pemula hingga pakar. Ini dianggap sebagai salah satu asosiasi perdagangan top industri TI.
    

  • Amazon AWS
    							—AWS menyediakan platform komputasi awan dan API sesuai permintaan untuk perorangan, perusahaan, dan pemerintah, dengan dasar pembayaran sesuai kebutuhan. Sertifikasi AWS memvalidasi keahlian cloud.
    

  • Deep learning
    							- Kelas pembelajaran mesin berdasarkan jaringan saraf tiruan. Belajar dapat diawasi, semi-diawasi atau tidak diawasi.
    

  • React Native (mobile)
    							- Kerangka kerja aplikasi seluler open-source yang dibuat oleh Facebook untuk mengembangkan aplikasi untuk Android, iOS, Web, dan Universal Windows Platform.
    

https://towardsdatascience.com/top-10-technology-skills-for-2020-9eac27e0839c