Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

SSL (Secure Socket Layer) What & How??

2 min read

SSL (Secure Socket Layer)

What & How??

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, keamanan data untuk aplikasi website sangat penting di-implementasikan menggunakan SSL. Apa dan bagaimana akan kita ulas di tulisan berikut ini.

Definisi:

  • SSL atau Secure Socket Layer adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang surfer web mengunjungi situs yang aman yang menggunakan teknologi SSL, menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server.

Pada website ceritahosting.com, telah dilengkapi dengan SSL dengan ditandai link https://ceritahosting.com/

Secara rinci, HTTPS adalah singkatan dari hypertext transfer protocol secure merupakan suatu protokol komunikasi dalam jaringan internet.


HTTPS ini akan melindungi integritas serta kerahasiaan antara situs dan komputer pengguna.

FUNGSI, KEGUNAAN & MANFAAT SSL (Secure Socket Layer)

  • Secara umum, SSL memastikan data transaksi yang terjadi secara online di enkripsi/acak sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Kegunaan utamanya adalah untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data ketika melakukan transaksi
  • Dengan HTTPS, transfer data yang terjadi antara browser Anda dan website lain tidak dapat diretas atau di-hack. Tidak ada orang yang dapat membaca atau menafsirkan komunikasi atau data yang ada tersebut. Website yang aman dengan HTTPS biasanya memiliki sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) dari otoritas yang diakui.
  • Menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL, ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.

SSL Certificate

Proses secara digitalnya cara kerja SSL adalah dengan mengenkripsi data dengan proses yang sangat cepat, hitungannya bahkan sampai permillisecond. Saat komunikasi SSL Handshake sedang berlangsung antara client dan server, sangat sulit pihak ketiga untuk bisa memecahkan kode enkripsi yang sudah dibuat.

Protocol SSL dan TLS berjalan pada layer dibawah application protocol seperti HTTP, SMTP and NNTP dan di atas layer TCP transport protocol, yang juga merupakan bagian dari TCP/IP protocol.

https://www.extremetech.com/internet/243202-symantec-caught-improperly-issuing-illegitimate-https-certificates

Ada beberapa sertifikat SSL di pasaran, seperti:

Contoh:

Model / Type SSL untuk di Implementasi:

  • Symantec Secure Site
    – Melindungi setiap pengiriman data pada website, intranet, dan extranet. Solusi keamanan website ini mempunyai fitur Norton Secured Seal, tanda terpercaya yang telah dikenal oleh jutaan pengguna Internet dan pemindaian malware.

  • Symantec secure site multi domain wildcard
    – Mampu mengamankan banyak domain hingga 25 domain beserta dengan unlimited sub domain utama. Dengan garansi paling besar dibandingkan dengan produk wildcard lainnya.
  • Symantec secure site multi domain wildcard
    – Mampu mengamankan banyak domain hingga 25 domain beserta dengan unlimited sub domain utama. Dengan garansi paling besar dibandingkan dengan produk wildcard lainnya. Sertifikat SSL Symantec Secure Site Pro Multi Domain Wildcard mendukung 3 Algoritma enkripsi yakni RSA, DSA dan ECC (Elliptic Curve Cryptography).

  • Secure Site Pro
    – Lindungi bisnis Anda dari ancaman serangan melalui enkripsi SSL terkuat yang telah disediakan bagi banyak pengunjung website. Solusi keamanan website ini memiliki fitur dengan enkripsi 128-bit, Norton Secured Seal

  • Secure Site Pro Wildcard Certificate
    – Pastikan Anda telah memberi pengamanan terbaik bagi domain khususnya semua sub-domain Anda dengan produk yang telah dikenal luas dan diakui sebagai produk pengamanan terbaik di bidang SSL/TLS. Symantec merupakan produk dengan reputasi tertinggi di dunia yang telah diakui dengan keunggulan SSL Certificate Symantec Secure Site Wildcard.
  • Secure Site Pro with EV SSL Certificates
    akan memberikan Anda perlindungan dengan proses enkripsi SSL yang kuat dan beberapa fitur canggih lainnya. Symantec SSL atau VeriSign menawarkan berbagai produk Sertifikat SSL.

https://sslindonesia.com/kategori/symantec/

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

Sistem Informasi Management-Dukungan SIM terhadap kualitas produk dan jasa

TOPIK PERKULIAHAN: Dukungan SIM terhadap kualitas produk dan jasa Definisi: Pengertian Kualitas Produk  Kualitas produk adalah kondisi fisik, fungsi dan sifat suatu produk baik...
Avatar Cerita Hosting
7 min read

PENGANTAR ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

  KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)   Definisi: Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di...
Avatar Cerita Hosting
3 min read

PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI DI DALAM PERUSAHAAN

MATERI PERKULIAHAN PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI DI DALAM PERUSAHAAN Sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah: Sistem perencanaan bagian dari...
Avatar Cerita Hosting
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *