Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI (APSI) : 9

2 min read

Indikator Materi:

  • Mengetahui komponen data flowdiagram(DFD) dan cara menggunakan dalam perancangan system Informasi.

Data Flow Diagram(DFD)

Di dalam perancangan basis data ataupun Analisa Design System Informasi diperlukan tools atau diagram untuk membantu kita didalam Analisa perancangan, seperti:

  • Data Flow Diagram(DFD)
  • Use case Modelling
  • Activity Diagram
  • Sequence Diagram
  • Class Diagram

Didalam materi ini akan dibahas mengenai Data flow Diagram(DFD) yang akan disajikan dalam study kasus, agar mudah dipahami dan dimengerti.

Definisi:

Suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data pada suatu sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. DFD sangat mirip dengan Flowchart.

DFD merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan proses kerja suatu sistem(https://id.wikipedia.org/wiki/Data_flow_diagram).

DFD pertama kali pengunaannya dipopulerkan oleh Larry Constantine dan Ed Yourdon dalam structured analysis and design technique. Notasi DFD memiliki acuan pada teori grafik yang awalnya digunakan untuk penelitiaan operasional dalam permodelan alur kerja dalam suatu organisasi.

Terdapat banyak simbol yang mengambarkan DFD, satu dengan simbol lain memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Pada tahun 1979 Tom DeMarco menyimpulkan komponen DFD terdiri dari:

Entitas, Proses, Aliran dan Data Store.

Notasi Data flow Diagram(DFD)

  • Entitas/Entity/Terminator

Simbol yang memiliki fungsi sebagai organisasi, orang dan sejenisnya yang berada diluar sistem tetapi berinteraksi dengan sistem. Simbol ini perlu diberi nama sesuai dengan aslinya biasanya menggunakan kata benda seperti: pekerja, dosen, mahasiswa, sistem pembelian, system penjualan dan lainnya tergantung sistem yang akan dibuat.

  • Proses(Process)

Proses merupakan kegiatan atau pekerjaan yang memproses data inputan dari entitas ke output. Biasanya untuk proses diberikan kata kerja seperti: bekerja, mengajar, belajar, menjual dan sebagainya tergantung dari entitas awal.

  • Aliran data

Aliran data berfungsi untuk menerangkan aliran data atau informasi dari simbol satu ke simbol lainnya. Biasanya pemberian nama pada aliran data juga menggunakan kata benda.

  • Data Store

Data Store atau data source merupakan simbol yang ada kaitannya dengan penyimpanan seperti file atau database. Simbol database biasanya berada setelah simbol proses untuk menyimpan output pemrosesan. Dalam penamaan data store ini diisi sesuai dengan data apa yang disimpan seperti Employee, Salary, dan lain-lain.

Jenis DFD

  • Diagram Level 0 (Diagram Konteks)

Diagram level 0 atau bisa juga diagram konteks adalah level diagram paling rendah yang mengambarkan bagaimana sistem berinteraksi dengan external entitas.

Pada diagram konteks akan diberikan nomor untuk setiap proses yang berjalan, umumnya mulai dari angka 0 untuk start awal.

Semua entitas yang ada pada diagram konteks termasuk juga aliran datanya akan langsung diarahkan kepada sistem. Pada diagram konteks ini juga tidak ada informasi tentang data yang tersimpan dan tampilan diagramnya tergolong sederhana.

  • Data Flow Diagram Level 1

DFD level 1 adalah tahapan lebih lanjut tentang DFD level 0, dimana semua proses yang ada pada DFD level 0 akan dirinci dengan lengkap sehingga lebih lengkap dan detail. Proses-proses utama yang ada akan dipecah menjadi sub-proses.

Perbedaan DFD Level 0 dan DFD Level 1

Ada perbedaan antara 2 level DFD tersebut yang perlu Anda ketahui:

  • DFD level 0 hanya mengambarkan sistem secara basic saja.
  • DFD level 0 hanya menjelaskan aliran data dari input sampai output.
  • DFD level 1 mengambarkan aliran data yang lebih kompleks pada setiap prosesnya yang kemudian terbentuklah data store dan aliran data.
  • DFD level 1 mengambarkan sistem secara sebagian atau seluruhnya secara mendetail.

Implementasi

Study Kasus : Ecommerce- belidoang.com

  • Tabel Kebutuhan User
  • Context diagram merupakan diagram yang terdiri dari suatu proses dan menggambarkan ruang lingkup suatu sistem dan merupakan level tertinggi dari DFD.

Gambar. Context Diagram

  • DFD level 0 menggambarkan kegiatan kegiatan utama yang dilakukan sistem.

Gambar.DFD Level 0

  • DFD level 1 menunjukkan proses yang menyusun proses utama dalam DFD level 0, sekaligus menunjukkan bagaimana informasi berpindah dari satu proses ke proses lainnya

Gambar.DFD Level 1

PUSTAKA

Avatar
Cerita Hosting Administrator and Content Manager for ceritahosting.com

KEAMANAN DATABASE (Database Security)

Modul ke 14 Sub-CPMK 3 Penjelasan tentang ruang lingkup keamanan basis data Penjelasan tentang fungsi dari keamanan  basis data dan alasan mengapa diperlukan keamanan...
Avatar CeritaHosting
5 min read

Implementasi Database

Modul ke-1 Materi Pendahuluan Mata Kuliah Implementasi Database (DataBase Implementation) Hi Mahasiswa Sampai bertemu di pembelajaran  Perkuliahan Implementasi Database Pada Materi perkuliahan Basis data...
Avatar CeritaHosting
3 min read

Internet of Behavior (IOB)

    Internet of Behavior (IOB) Menurut laporan dari https://www.informationweek.com ada sekitar 10 trend IT yang perlu dilihat di 2021: Digital Transformation Intelligence Everywhere...
Avatar Cerita Hosting
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *