Sekarang, saya akan memberi informasi mengenai gimana sih buat mail server dengan bahan seadanya. Bahan yang diperlukan adalah

  1. PC/ Laptop
  2. Jaringan Internet
  3. Xampp & Hmail
  4. Netframework minimal Versi 2.0
  5. Mozilla Thunderbird

Link untuk download Xampp [Klik Untuk Mendownload]

Link untuk downlaod hMail [Klik Untuk Mendownload]

Nah, setelah di download, kalian install terlebih dahulu Xampp dan hMail.

Biar mail server bisa online, maka harus disetting router forwarding dulu. Contoh disini saya menggunakan TP-LINK, jadi untuk mengaksesnya menggunakan IP 192.168.1.1, berikut adalah tutorialnya :

192.168.1.100 adalah IP Komputer saya yang akan digunakan sebagai Mail Server, jadi sesuaikan saja dengan IP anda, Cara mencari IP Local PC.

Kemudian aktifkan Xampp seperti gambar berikut 😀

Xampp Control Panel

Kemudian Lakukan Instalasi Hmail Server, lalu databasenya diconfigure Databasenya. Nah saya menggunakan Database MySQL yang ada di XAMPP, nah pas lagi instalasi kita akan mengkonfigurasi database.

kalau muncul pesan seperti gambar diatas ini, maka yang harus dilakukan ialah copy file libmysql.dll dan libmysql.lib yang berada di folder C:\xampp\mysql\lib paste ke folder C:\program files\hMailServer\bin atau C:\Program Files (X86)\hMailServer\Bin kemudian Next kembali.

Click Connect!

Lalu klik domain saat sudah connect, dan klik add domain lalu masukkan domain kalian dan masukkan akun yang ingin dibuat, kemudian pada opsi Setting SMTP, karena saya menggunakan RT/RW Net ber-ISP Telkom. maka saya menggunakan host telkom.net.id dan SMTP Servernya smtp.telkom.net. INGAT! KITA HANYA BISA MENGIRIM EMAIL DAN TIDAK BISA MENERIMA EMAIL!

kemudian setting IP Range sesuai dengan Ip kalian, dan Email dapat dicoba!

Terima Kasih!