Trend Kerja IT 2020 Saat Pandemic COVIT-19

Saat ini dengan kondisi Pandemic COVIT-19, banyak perusahaan dari berbagai sektor usaha atau bisnis telah melakukan PHK terhadap para pekerjanya. Hal ini tidak dapat di hindari karena tidak ada penjualan yang dapat menutupi biaya operasional perusahaan, sehingga langkah mengurangi beban biaya operasional adalah dengan mengurangi jumlah karyawan yang bekerja.

Bagaimana dengan pekerja IT?

Tidak dapat di pungkiri juga, banyak juga tenaga atau pekerja IT yang mengalami PHK yang bekerja dari berbagai sektor bisnis, hanya perlu kita antisipasi bagi mahasiswa IT yang akan lulus atau baru lulus , sarjana IT yang belum mendapatkan pekerjaan ataupun pekerja IT yang sudah bekerja saat ini, untuk selalu meng-update skill dan knowledge yang saat ini agar dapat bersaing dengan lowongan pekerjaan yang semangkin sempit atau sedikit.

Saat pandemic COVIT-19 posisi kerja yang dibuka di perusahaan berbasis teknologi atau digital semakin banyak. Kondisi tersebut seiring perkembangan industri digital yang semakin pesat.

Perusahaan startup teknologi yang banyak berkembang saat ini adalah perusahaan di bidang logistik, pembayaran, kesehatan, dan edukasi. Selain banyak perusahaan baru, seperti e-commerce, fintech, dan bisnis digital lainnya yang bermunculan, perusahaan tradisional pun banyak yang beralih dan berkembang ke digital. Perusahaan berbasis teknologi pun menjadi penggerak utama di sektor ekonomi.

“Melanjutkan tren dari tahun-tahun sebelumnya, e-commerce dan digital terus menjadi pendorong utama perekonomian dan ini mempengaruhi aktivitas perekrutan sepanjang 2019,” tulis Eric Mary, yang dikutip dari laporan Laporan Survei Gaji 2020 Robert Walters, Selasa (11/2).

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200212080459-92-473805/pekerjaan-di-perusahaan-it-paling-dicari-pada-2020

Adapun kemampuan yang banyak dicari di perusahaan berbasis teknologi dan digital antara lain :

  • Machine learning
  • Artificial Intelligence
    (AI)
  • Big data.
  • Data Scientist
  • Information Security Engineer
  • Full stack Developer
  • Java developer
  • Scrum master
  • Cloud Computing
  • Network Engineer

Yang perlu diperhatikan oleh pencari kerja, bukan hanya kemampuan dan pengalaman bekerja dari pekerja, melainkan potensi dari individu karyawan tersebut.

Karyawan pun lebih cenderung memilih perusahaan yang memiliki lingkungan dan budaya kerja yang nyaman. Hal tersebut tak hanya berlaku di perusahaan teknologi, tapi di semua perusahaan termasuk keuangan, perbankan, human resource, hukum, serta penjualan dan pemasaran.

Untuk kandidat atau calon pekerja, coba untuk lebih tekun belajar dan terus berusaha melakukan yang terbaik, dimana pekerjaan yang menjadi tren tentu saja memiliki peminat yang luar biasa peminatnya.

Percaya bahwa dengan kemampuan anda yang berkualitas, maka salah satu pekerjaan tersebut berpeluang besar anda dapatkan.

Semoga bermanfaat

Salam Sukses